Lahan Tidur di Parik Panjang Matur Ditanami Cabe Rawit Setha

Lahan Tidur di Parik Panjang Matur Ditanami Cabe Rawit Setha Istimewa

Covesia.com - Tingkatkan ekonomi masyarakat, Nagari Parik Panjang, kecamatan Matur, kabupaten Agam, provinsi Sumatera BARAT, (Sumbar)  tanam Cabe Rawit Setha di lahan tidur.

Walinagari Parik Panjang, kecamatan Matur, Yashar mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan pendataan terhadap lahan yang akan di manfaatkan, dari hasil surfey, ada 4 lokasi yang bisa di gunakan dengan luas keseluruhan lebih kurang 5 hektar.

“ Cabe Rawit Setha merupakan salah satu komoditi yang berpotensi untuk diekspor, potensi SDA yang ada di nagari Parik Panjang membuat masyarakat memberanikan diri untuk menjadi sentra penanaman cabe rawit jenis baru ini, “ ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Minggu, (15/4/2018).

Dijelaskannya, ide tersebut  didapatkan masyarakat  setelah melakukan pertemuan dengan salah satu pelaku Agrobisnis kabupaten Agam, Hery Supriyatna. Memanfaatkan ilmu, pengalaman serta relasi yang dimiliki oleh Hery membuat warga yakin cita-cita besar itu terwujud.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Heri Supriyatna mengungkapkan  kekagumannya kepada masyarakat Nagari Parik Panjang khususnya Kelompok Tani Tunas Karya.

“Semangat masyarakat nagari Parik Panjang untuk menjadikan daerahnya  sentra penanaman Cabe Rawit Setha sangat tinggi kita berharap kerjasama ini bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Disisi lain camat Matur, kabupaten Agam, Tommy TRD mengungkapkan, menanami Cabe Rawir Setha di lahan tidur adalah peluang besar yang harus dimanfaatkan dengan seoptimal mungkin.

“Ini adalah sebuah peluang yang tidak datang setiap hari, Insyaallah kita akan berusaha seoptimal mungkin dan menargetkan Cabe Rawit Setha yang ditanam di Parik Panjang berkualitas dan bisa menguasai pasar, ”ujarnya.

Dikatakannya program tersebut sejalan dengan program Agam menyemai yang dicanangkan oleh pemda Agam.

“Menyikapi hal ini, ke depannya kita sudah menyiapkan langkah-langkah yang sistematis, setelah berhasil di Parik Panjang akan kita juga akan tanam di nagari lain yang ada di Kecamatan Matur, ”tutup Tommy TRD.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga