BKSDA Bukittinggi Pasang Dua Perangkap Baru di Palupuah

BKSDA Bukittinggi Pasang Dua Perangkap Baru di Palupuah Harimau Sumatera yang masuk perangkap BKSDA Bukittinggi, Minggu (15/4/2018)(Foto:BKSDA)

Covesia.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), akan memasang dua perangkap baru di lokasi yang sama masuknya seekor anak Harimau Sumatera dalam perangkap yang di pasang di Palupuah, Kabupaten Agam. 

Pejabat Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Bukittinggi, AA Jusmar melalui via telepon kepada Covesia.com, Minggu (15/4/2018) mengatakan rencananya dua perangkap lagi akan dipasang di lokasi yang berdekatan di dusun Koto Tabang Jorong Muaro Nagari Koto Rantang Batang, Palupuh Kabupaten Agam.

"Pemasangan kerangkeng baru ini untuk memancing induk Harimau, dan akan kita pasang besok dengan memasang umpan kambing," katanya. 

Ia menyebutkan diperkirakan ada tiga ekor Harimau Sumatera yang meresahkan warga setempat dua diantaranya merupakan anak Harimau dan satu induknya. 

"Anak Harimau yang masuk perangkap berjenis kelamin betina dengan usia kurang lebih dua tahun dan dalam kondisi sehat setelah sebelumnya di cek oleh tim medis," ucapnya.

Ia menjelaskan rencananya Harimau Sumatera tersebut akan dilepaskan kembali ke habitatnya karena harimau itu tergolong liar.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan jika pergi berladang, mengingat Harimau yang masih berkeliaran terutama pada sore hari agar segera meninggalkan ladangnya.

(deb/don) 


Berita Terkait

Baca Juga