Bulog Janjikan Stok Beras Mencukupi Selama Ramadhan

Bulog Janjikan Stok Beras Mencukupi Selama Ramadhan tumpukan stok beras di gudang bulog Divre Sumbar (Foto:Covesia/Fadil)

Covesia.com - Kepala Divre Bulog Sumatera Barat, Suharto Djabar, menyebutkan bahwa ketersediaan pasokan beras menjelang Ramadhan dan pasca lebaran di Sumatera Barat mencukupi, terlebih lagi saat ini Bulog memiliki stok beras sebanyak 15 ribu ton.

"Selama 6 bulan kedepan stok beras untuk wilayah Sumbar mencukupi, selain itu, stok beras tersebut juga berfungsi menjaga stabilitas harga menjelang lebaran," ujar Suharto, Padang, Sabtu (14/4/2018).

Sementara itu, Kabid Produksi Pangan Dinas Pertanian dan Horti­kul­tura Sumbar, Maswal Noor, menyebutkan bahwa dari Januari hingga sekarang panen padi di wilayah Sumbar tidak ada kendala sehingga stok beras mencukupi selama Ramadhan dan pasca lebaran.

"Rata-rata kebutuhan beras di Sumbar perbulannya mencapai 52.373 ton, sementara itu target produksi beras di Sumbar dalam tahun ini mencapai 1.882.203 ton dengan luas tanam mencapai  620.124 ha," ujarnya

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa produksi beras di Sumbar surplus setiap  tahunnya, bahkan Pemprov Sumbar selama tahun 2018 akan mengekspor beras sebanyak 20 ton ke Batam setiap bulannya.

"Setiap bulannya Pemprov mengirim beras ke Batam, ini membuktikan bahwa pasokan beras di Sumbar mencukupi selama ini," ungkapnya.

(dil/don)

Berita Terkait

Baca Juga