Pemkab Padang Pariaman Berikan Pendidikan Politik ke Pemilih Pemula

Pemkab Padang Pariaman Berikan Pendidikan Politik ke Pemilih Pemula Foto: Rozi Yardinal/covesia

Covesia.com - Kesatuan Bangsa dan Politik dan Perlindungan Masyarakat Padang Pariaman ( Kesbangpol Linmas ) menggelar sosialisasi politik bagi Pemilih Pemula untuk siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dii daerah itu.

"Ada sebanyak 93 peserta yang ikut dalam sosialisasi, dan 23 diantaranya adalah guru sebagai pendamping siswa," kata Ketua Pelaksana, Hanibal di Pariaman, Rabu (11/4/2018).

Ia mengatakan, sosialisasi ini bertujuan agar tersebarluasnya tema dan materi informasi tentang penyelenggaraan Pemilihan Pemilu legislatif dan pemilu presiden kepada pemilih pemula.

"Sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pemilih pemula akan pentingnya dalam membangunan kehidupan demokrasi di Padang Pariaman," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, dengan kegiatan ini juga akan meningkat partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya dan bisa mengginakannya dengan benar dalam rangka mencapai pemilih yang cerdas dan berkualitas.

Sementara itu, Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, mengatakan pemilu bisa berperan dalam berbagai pihak, baik itu pemula maupun umum.

"Utusan peserta sosialisasi juga bisa menyampaikan kepada pemilih pemula lainnya agar bisa menggunakan hak suaranya pada pemilu nanti," ujarnya.

Seterusnya, kata dia, ada peraturan KPU bahwa dalam pemilu tidak boleh ASN untuk mengikutinya. Padahal ASN adalah satu penyelenggara, sedangkan pemilu itu akan menyentuh berbagai pihak.

(rzi)

Berita Terkait

Baca Juga