Stok Kebutuhan Bahan Pokok di Sumbar Mencukupi Menjelang Ramadhan

Stok Kebutuhan Bahan Pokok di Sumbar Mencukupi Menjelang Ramadhan Staf Ahli Menteri Perdagangan Dody Edward dan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno beserta rombongan datangi Pasar Raya Padang, Rabu (11/4/2018)(Foto:Humas)

Covesia.com - Staf Ahli Menteri Perdagangan Dody Edward dan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno beserta rombongan datangi Pasar Raya Padang guna melihat ketersediaan kebutuhan bahan pokok serta harganya.

"Alhamdulillah kalau dilihat sekilas di Pasar Raya Padang harga kebutuhan pokok seperti cabai, bawang, beras, daging, dan telur relatif stabil, selain itu di pasar harga tidak mesti tetap melainkan ada naik dan turun, saya berharap sampai Lebaran mendatang tidak ada kenaikan drastis," ujar Irwan Prayitno di Pasar Raya Padang, Rabu (11/4/2018).

lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa ada kios beras yang menjual di atas HET Rp.13.500 sedangkan harga premium HET sekitar Rp.13.000.

"Saya sudah ingatkan pedagang tersebut untuk tidak menjual beras di atas HET yang telah ditetapkan, ini juga belum masuk kepada harga tawar menawar, secara umum stok bahan pokok cukup tersedia, selain itu kami juga sudah bertemu dengan pedagang, mereka menyebutkan bahwa harga daging cukup stabil," ujarnya.

Selain itu, untuk mencukupi pasokan daging di Sumbar, Pemprov sudah siapkan stok pasokan daging menjelang Ramadhan, begitu juga dengan stok cabai sudah siapkan stok dari pusat.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Perdagangan bidang Hubungan Internasional, Dody Edward mengimbau masyarakat tidak perlu takut karena stok pangan cukup menjelang Ramadhan.

"Tujuan kami ke Sumbar memastikan stok kebutuhan bahan pokok terjamin, selain itu kami juga telah cek dan ternyata harga stabil, sebelumnya kami juga sudah melihat Harga Eceran Tertinggi (HET) di ritel modern dan harganya stabil," ujar Dody.

Kata Dedy, biasanya menjelang Ramadhan ada kenaikan kebutuhan pokok namun pengalaman tahun lalu kita sukses melakukan stabilisasi harga di saat memasuki puasa dan Lebaran.

"Terkait pasokan daging ke Sumbar kita biasa gandeng asosiasi distributor daging kalau itu sangat dibutuhkan," ujarnya.  

(dil/don)

Berita Terkait

Baca Juga