Pemko Bukittinggi Segera Dibenahi Kawasan Ngarai Jadi Perkampungan Minang

Pemko Bukittinggi Segera Dibenahi Kawasan Ngarai Jadi Perkampungan Minang Foto: Debi Kurnia

Covesia.com - Pemerintah kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) segera benahi kawasan Ngarai Sianok jadi perkampungan minang yang akan menjadi objek wisata dunia.

"Kawasan Ngarai Sianok akan kita jadikan perkampungan minang seperti kampung minang seperti tempo dulu," kata Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias saat meninjau lokasi Ngarai bersama tim Geopark, Selasa (10/4/2018).

Ia menjelaskan perkampungan Minang ini menjadi salah satu penunjang kawasan Geopark dari sisi pengembangan pariwisata kota Bukittinggi, dimana kawasan Ngarai kaya akan pemadangan alamnya yang menjadi andalan Bukittinggi.

"Kawasan ini akan kita kembangkan untuk dibangun rumah gadang yang asri, seperti zaman dulu dengan rumah gadang yang dibangun menghadap ke sawah tanpa ada pagar," ucapnya.

Ia menambahkan UNESCO juga meminta upaya pembenahan kawasan Ngarai menjadi kawasan Geopark yang selesai tahun 2020 yang akan mengupayakan bagaimana menciptakan wisata yang baru dan terpadu.

"Jika sudah masuk kawasan Geopark yang harus dijaga, semuanya harus benar-benar asri menunjukkan suasana tempo dulu, pokoknya semuanya harus mendukung program Geopark yang dapat menjadikan Ngarai sebagai kawasan objek wisata dunia," tegasnya. 

Selain itu, melalui geopark ini juga bisa mendorong perekonomian masyarakat seperti bisa menjual kerajinan tangan, bordiran dan usaha lainnya yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga