Musrembang RKPD Sumbar Bahas 394 Usulan Kabupaten dan Kota

Musrembang RKPD Sumbar Bahas 394 Usulan Kabupaten dan Kota Foto: Humas Pemprov Sumbar

Covesia.com - Pemprov Sumatera Barat tampung 394 usulan rancangan pembangunan untuk tahun 2019 mendatang dari seluruh Kabupaten/Kota saat rapat Pra Musrenbag dan dengan ditotalkan anggaran dana mencapai angka Rp1,7 triliun. 

"394 tersebut diterima saat Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) di Bukittinggi beberapa waktu yang lalu dan Musrembang kali ini akan menetapkan sejumlah usulah daerah tersebut," ujar Irwan Prayitno usai membuka Musrembang RKPD Provinsi Sumbar tahun 2019 di Hotel Pangeran, Selasa (10/4/2018).

Kata Irwan, setelah usulan ditetapkan di Musrenbang nantinya akan dikeluarkan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) kemudian diajukan ke DPRD yang nanti akan dibahas menjadi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa akan dibahas juga persoalan kewenangan pusat dan daerah, sehingga kedepannya untuk kewenangan pusat Pemprov Sumbar akan surati pemerintah pusat agar  dapat mengangarkan dana sesuai dengan kebutuhan daerah.

"Nah ke depannya untuk tahun 2019 sesuai dengan rapat dengan Bupati dan Walikota di bulan Januari kemaren sebagian program perioritas utama pemerintah daerah adalah dibidang pembangunan infrastruktur," ujarnya 

Sementara itu, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irawan Rahim menyebutkan bahwa target RKPD 2019 harus sesuai dengan target kinerja pembangunan daerah yang telah ditetapkan dalam perubahan RPJMD Sumbar tahun 2016-2021.

"Kita harus mengantisipasi keterbatasan kemampuan fiskal daerah dengan melakukan penyelarasan dengan program nasional, seperti akomudasi hasil peringatan Hari Pers Nasional yang cukup banyak rencana pembangunan pariwisata oleh pemerintah pusat," ujarnya.

(dil)

Berita Terkait

Baca Juga