Hari Kedua UNBK Tingkat SMA dan MA di Sumbar Berjalan Lancar

Hari Kedua UNBK Tingkat SMA dan MA di Sumbar Berjalan Lancar Foto: M Fadil

Covesia.com - Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno menilai pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) cegah potensi pelanggaran pada saat ujian berlansung.

"Dalam pelaksanaan UNBK tidak akan ditemukan lagi bocoran soal ujian dan kecurangan-kecurangan lainnya, dengan demikian kita akan mendapatkan lulusan terbaik ditingkat SMK dan SMA sederajat," ujar Irwan Prayitno di Padang, Selasa, (10/4/2018)

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa kedepannya UNBK bisa terlaksana di semua SMA, SMK dan MA di Sumbar. Selain itu yang menjadi kendala gagalnya beberapa sekolah melaksanakan UNBK di Sumbar karena tidak ada ketersedian akses internet.

"Mudah-mudahan tahun 2019 UNBK di Sumbar bisa mencapai 100 persen," ujarnya 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman menyebutkan bahwa sampai hari ke 2 pelaksanaan UNBK tingkat SMA dan MA seluruh sekolah tidak ada permasalahan yang sifatnya mendasar.

"Kalaupun siswa telat melaksanakan UNBK ia tetap diberi waktu untuk mengerjakan soal 120 menit karena sistemnya login, selain itu, terjadi beberapa insiden kecil dibeberapa daerah seperti yang terjadi di Sumpur Kudus pohon tumbang yang menyebabkan listrik mati namun bisa diatasi dengan mesin ginset," ujar Burhasman. 

Selain itu, ia juga mengingatkan siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya  ke Perguruan Tinggi (PT) harus memiliki strategi tersendiri seperti tidak memilih PTN yang peminatnya cukup banyak begitu juga siswa undangan jangan memilih jurusan yang sama di satu sekolah.

"Untuk masuk Universitas Negeri favorit kita tidak bisa menargetkannya, karena ini murni kemauan siswa tergantung PTN mana yang mereka sukai," ucapnya.

(dil)

Berita Terkait

Baca Juga