KPU Kota Padang Imbau Tim Paslon Jaga APK

KPU Kota Padang Imbau Tim Paslon Jaga APK Tampak sejumlah APK Pilkada 2018 yang rusak di sejumlah titik Kecamatan yang ada di Kota Padang, (Foto: Dok. Covesia)

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang mengimbau peserta Pilwako turut menjaga Alat Peraga Kampanye (APK) dari tindakan pengrusakan, karena APK yang telah diserahkan kepada tim pasangan calon menjadi tanggung jawab pasangan calon.

"Tidak ada anggaran penggantian APK yang rusak begitu juga dengan APK yang hilang, namun KPU Kota Padang tetap mengawasi APK yang beredar sampai selesai kampanye," ujar  Divisi Umun, Keuangan dan Logistik KPU Kota Padang, Munir Mahyudin, Senin (9/4/2018)

Kata Mahyudin, sesuai dengan Peraturan KPU pasal 30 ayat 4 hingga 6 bahwa APK yang rusak atau hilang menjadi tanggung jawab pasangan calon setelah diserahkan kepada tim paslon.

"Dalam ayat 4 dijelaskan bahwa perawatan, pemeliharaan dan pembersihan maupun penurunan APK yang telah diserahkan kepada tim Paslon menjadi tanggung jawab Paslon," ujarnya 

Selain itu, dalam ayat 5 kerusakan terhadap APK Paslon tim Paslon dapat mengganti APK tersebut sesuai dengan persetujuan KPU Kota Padang. 

“Sampai saat ini belum ada tim Paslon yang menyerahkan APK tambahan sebanyak 150 persen masing-masingnya, ini juga sekaligus mengantisipasi APK yang rusak," ujar Mahyudin.

(dil)

Berita Terkait

Baca Juga