Harga Getah Gambir di Pesisir Selatan Anjlok, Petani Menjerit

Harga Getah Gambir di Pesisir Selatan Anjlok Petani Menjerit Petani gambir yang membawah geta siap jual (Foto:Covesia/Indrayen)

Covesia.com - Harga Gambir Getah di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Anjlok  dari harga normal  Rp. 35 ribu per/Kg menjadi Rp. 20 ribu per/Kg petani didaerah itu menjerit.

"Harga Getah gambir di daerah itu turun drastis semenjak satu bulan ini, yang berangsur-angsur turun sehingga mencapai Rp. 20 ribur per/Kg. Pekan lalu masih dalam kisaran Rp. 25 ribu per/Kg nya," sebut Heru (26) pada Covesia.com Senin (9/4/2018).

Ia melanjutkan, biasanya harga pasaran getah gambir daerah ini memang sering turun naik, tapi lain dengan yang sekarang anjloknya berselang lama dan harganya turun juga begitu jauh dari perkiraan. Sehingga ia sulit untuk memenuhi kebutuhan keluarga, sedangkan yang ingin dibeli saat ini serba mahal.

"Padahal masyarakat kita mayoritas bergantung hidup dengan cara bertani gambir dan penghasilan yang paling besar berasal dari gambir ini," tutupnya.

Yopi (40) seorang Toke gambir juga menyampaikan saat ditemui Covesia.com ia mengatakan, dengan harga gambir saat ini, pihaknya hanya sanggup membeli dari petani paling tinggi hanya Rp. 22 ribu per/Kg itu tergantung kualitas getahnya. Jikalau kualitas getah renda ia hanya sanggup membeli 20 ribu saja.

Lanjutnya, Lebih lanjut Yopi mengungkapkan, karena harga getah gambir yang sudah siap diolah di ambil oleh PT gambir di padang hanya 45 ribu per/Kg.  Biasanya memang harga getah gambir memang tidak pernah turun sejauh ini dan juga tidak lama. Tidak hanya petani kamipun para Toke juga kewalahan supaya tidak rugi dalam bermain menjual dan membeli gambir," kata dia.

Kontributor Pessel: Indra Yen


Berita Terkait

Baca Juga