Sebelum Pembangunan Ulang Pasca Kebakaran, Pasar Ateh Bukittinggi Mulai Dibongkar

Sebelum Pembangunan Ulang Pasca Kebakaran Pasar Ateh Bukittinggi Mulai Dibongkar Foto:Covesia/Debi Kurnia

Covesia.com - Kawasan Pasar Ateh Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) yang terbakar 30 Oktober 2017 lalu mulai di lakukan pembongkaran oleh pemerintah kota untuk dilakukan pembangun ulang pasar, Senin (9/4/2018).

Proses pembongkaran kawasan pasar Ateh Bukittinggi dilakukan  dengan menggunakan alat berat yang disaksikan ratusan pedagang dan pemerintah kota. 

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengatakan proses pembongkaran sudah mulai dilakukan hari ini dan ditargetkan selesai selama dua bulan sebelum dilakukan pembangunan ulang.

"Setelah selesai dibongkar akan dibangun lagi dengan desain yang representatif dan nyaman yang menguntungkan bagi semuanya baik itu untuk pengunjung maupun pedagang nantinya," ungkapnya. 

Ia menyampaikan bahwa pembongkaran dilakukan secara bertahap yang dimulai dari arah Timur, karena lebih gampang dan mudah. Sementara pedagang yang ada di lokasi dipindahkan ke belakang pasar agar proses pembongkaran berjalan lancar. 

Sementara untuk pemenang tender pembangunan penampungan sudah ada dan pada hari ini akan dilakukan koordinasi dengan dinas pasar untuk proses lanjutan pembangunan pasar. 

"Proses pembangunan ulang Pasar Ateh dibiayai oleh pemerintah pusat sebesar leboh kurang Rp 400 milyar dan pembangunan akan dilaksanakan secara maksimal, agar dapat selesai Desember 2019," jelasnya. 

Ia berharap agar para pedagang bersabar selama proses pembangunan berjalan karena pasar dibangun juga diperuntukkan untuk pedagang juga agar roda perekonomian pedagang lancar. 

(deb/don) 

Berita Terkait

Baca Juga