Aneh, Bunga Bisa Menari Jadi Tontonan Warga di Agam

Aneh Bunga Bisa Menari Jadi Tontonan Warga di Agam Penampakan bunga aneh yang jadi tontonan warga di Agam, Minggu (8/4/2018)(Foto:Covesia/Johan)

Covesia.com - Masyarakat Lubuk Basung, kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di gegerkan dengan satu bunga yang bisa bergerak sendiri tanpa ada sebab yang jelas.

Tumbuhan hias yang belum diketui jenisnya itu memiliki tinggi 30 Cm, ia tumbuh di pekarangan rumah warga di dusun Labu Pacah, jorong IV, nagari Garagahan, kecamatan Lubuk Basung.

Saat-saat tertentu tumbuhan tersebut terlihat seperti sedang menari, bergoyang ke kanan dan kiri, terkadang berputar arah 180 derajat.

"Menjelang Magrib biasanya bunga itu bergerak agresif namun tidak ada tiupan angin, seandainya karena hembusan angin tentunya bunga yang lain juga bergerak, terkadang seperti ditarik - tarik, tapi anehnya disiang hari, ia tidak memberikan tanda apa-apa," ujar Liza, pemilik bunga saat di sambangi Covesia.com, Minggu (8/4/2018).

Dijelaskan Liza, bunga itu baru ditanamnya 2 pekan yang lalu dan mulai bergoyang semenjak 5 hari terakhir. Diketahui bergoyangnya bunga itu saat Ia hendak menyuruh anaknya masuk kerumah karena sudah menjelang Magrib.

"Pulang cepat, hari sudah senja lihat itu bunganya bergerak gerak sendiri," ujarnya sambil menakut-nakuti.

Namun gerakan bunga itu tidak kunjung berhenti hingga beberapa jam kemudian sehingga menimbulkan rasa penasarannya untuk melihat lebih dekat.

"Saya pun memanggil tetangga untuk ikut menyaksikan, kemudian informasi menyebar dan jadi tontonan warga saat senja," terangnya.

Fenomena bunga bergerak itu cepat tersiar ke masyarakat sehingga mengundang penasaran warga daerah lain untuk melihat.

"Tadinya saya kurang yakin, tapi ternyata benar, kok bunganya bisa bergoyang seperti itu padahal tidak ada yang menganggu," ungkap M Fadillah (26) salah seorang warga yang turut menyaksikan karena penasaran.

Bunga ajaib yang bisa bergoyang itu menimbulkan bermacam persepsi di masyarakat. Ada yang menduga bergeraknya disebab karena hewan yang menggangu akarnya, namun ada juga masyarakat yang menyangkut pautkan dengan hal mistis kedatangan roh salah seorang keluarga Liza yang baru meninggal atau ada juga yang berpendapat ada makhluk halus menaungi bunga misterius itu.

Hingga kini teka-teki bunga bergoyang masih belum terpecahkan. Agar tidak diganggu pengunjung tumbuhan ajaib itu dipagari Liza serta tetap menjadi tontonan diwaktu senja oleh ratusan warga.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga