Polisi Terapkan Aturan Atasi Kemacetan Pasar Koto Baru Tanah Datar

Polisi Terapkan Aturan Atasi Kemacetan Pasar Koto Baru Tanah Datar Kawasan Pasar Baru Tanah Datar, Sumbar saat hari pasar, Senin (19/3/2018). Foto: Debi Kurnia

Covesia.com - Pihak kepolisian berupaya mencari solusi mengatasi kemacetan yang terjadi di Pasar Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) ketika hari balai (Hari Pasar) berlangsung. 

Wadir Lantas Polda Sumbar, AKBP M.Hari Mulyanto yang didampingi Kasubdit Dikyasa Ditlantas, Kompol Ari Wibowo, Senin (19/3/2018) saat memantau langsung kemacetan di lokasi mengatakan, ada beberapa langkah yang akan dilakukan agar kemacetan itu teratasi. 

"Diantaranya tidak ada lagi parkir kendaraan bermotor di sebelah kiri jalan dengan memasang cone dan saat ini solusi itu sudah berjalan baik," ungkapnya. 

Ia menambahkan juga akan dipasang barier di depan lapak pedagang yang berjarak dua meter sebelum adanya hari pasar. 

"Tadi malam sudah dipasang namun ketika subuh, pedagang mendorong barier tersebut ke jalan," ujarnya. 

Untuk menjaga barikade tersebut, tambahnya dibutuhkan kerja sama antara pihak kepolisian dan instansi terkait agar tidak dipindahkan lagi. 

Selanjutnya, yaitu pengecoran jalan menuju lahan parkir, karena jalannya masih struktur tanah sehingga jika terjadi hujan, akses menuju lokasi parkir menjadi becek yang menyulitkan untuk parkir di sana. 

"Kemungkinan Selasa mendatang akan dilakukan pengecoran jalan," ucapnya. 

Di samping itu, untuk jangka pendek akan diupayakan untuk melakukan pelebaran pasar dan hingga saat ini masih menunggu keputusan pemerintah kabupaten dan provinsi. 

"Gubernur akan mengadakan rapat koordinasi dengan seluruh Bupati dan Walikota," ungkapnya.

(deb/rdk)


Berita Terkait

Baca Juga