Mengenal Cak Imin, Ketua Partai yang Ingin Jadi Cawapres

Mengenal Cak Imin Ketua Partai yang Ingin Jadi Cawapres Muhaimin Iskandar

Covesia.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akhirnya mendeklarasikan diri sebagai calon wakil presiden 2019.

Cak Imin mendeklarasikan niatnya itu dalam pertemuan dengan Forum Pemred di Restoran Bunga Rampai, Jl Teuku Cik Di Tiro, Jakpus, Rabu (14/3/2018).

Dilansir dari wikipedia, Muhaimin Iskandar atau sering dipanggil dengan Cak Imin lahir di Jombang, Jawa Timur, 24 September 196, usia 51 tahun.

Ia adalah politikus Indonesia yang menjabat Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada 22 Oktober 2009 di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa. Muhaimin Iskandar memperoleh gelar sarjana politik dari Universitas Gadjah Mada dan magister komunikasi dari Universitas Indonesia. 

Pada 1 September 2014, ia secara aklamasi terpilih kembali sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa karena dianggap berhasil menaikkan suara pemilu 2014 menjadi 9,04%.

Pendidikan pria yang beristri Rustini Murtadho serta tiga anak tersebut dimulai dari Madrasah Tsanawiyah Negeri Jombang, Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta I, FISIP UGM tahun 1992 serta Master Bidang Komunikasi UI tahun 2001. 

Berbagai pengalaman organisasi telah dijalani oleh Cak Imin mulai dari Ketua Korps Mahasiswa Jurusan Ilmu Sosial, Yogyakarta, Ketua Cabang PMII Jogjakarta, serta Sekretaris Jenderal DPP PKB 2000-2005. 

Muhaimin Iskandar dalam pengalaman kerjanya pernah menjadi staf pengajar Pesantren Denanyar, Jombang, Kepala Divisi Penelitian Lembaga Pendapat Umum, Jakarta, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tabloid Detik, wakil ketua DPR RI selama 2 periode (1999 - 2004 dan 2004 - 2009).

(lif)

Berita Terkait

Baca Juga