Cegah Pelanggaran Pemilu, Polda Sumbar Deklarasi Anti Hoax, SARA dan Politik Uang

Cegah Pelanggaran Pemilu Polda Sumbar Deklarasi Anti Hoax SARA dan Politik Uang Deklarasi Anti Hoax, SARA dan Politik Uang bersama seluruh partai politik yang telah lulus verifikasi faktual di Sumbar, Rabu (14/3/2018) (Foto:Fadil)

Covesia.com - Menjelang Pemilihan Umum 2019 mendatang, Direktorat Intelijen Keamanan (Dir Intelkam) Polda Sumatera Barat (Sumbar), adakan deklarasi anti hoax, SARA dan politik uang dengan seluruh partai politik yang telah lulus verifikasi faktual.

"Deklarasi ini bertujuan sebagai komitmen bersama antara Parpol, penyelenggara dan pengawas Pemilu untuk tidak menyebarkan berita palsu dan SARA demi menjaga keamanan saat memasuki Pemilu," ujar Dir Intelkam Polda Sumbar, Roberts Kennedy di Padang, Rabu (14/3/2018). 

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa penyebaran hoax dan isu SARA sangat mudah terjadi di media sosial dan media mainstream.

"Media cetak dan TV lebih sedikit kemungkinan untuk menyebarkan berita palsu sebab mereka mempunyai mekanisme tersendiri dalam menayangkan pemberitaan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sumbar, Surya Efitrimen menyebutkan bahwa Undang Undang nomor 7 tahun 2017 sudah mengatur penyebaran akses informasi terkait isu SARA dan berita hoax di media sosial.

"Undang undang telah mengatur jika nanti didapati penyebaran hoax baik penyelenggara, pengurus partai, pengawas Pemilu dan masyarakat maka bisa di pidana apabila terbukti," ujar Efitrimen.

Selain itu, ia juga mengingatkan seluruh Parpol untuk tidak melakukan politik uang saat masa kampanye, bila terbukti akan dihukum nantinya.

"Makanya saya ingatkan Parpol jangan membagikan bantuan zakat atau pemberian lainnya dimasa kampanye, kalau jika terbukti maka bisa dikenakan sanksi begitu juga dengan penerimanya," kata dia.

(dil/don)


Berita Terkait

Baca Juga