74,81 Persen Warga Pasaman Sudah jadi Peserta JKN-KIS

7481 Persen Warga Pasaman Sudah jadi Peserta JKNKIS Penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) JKSS/PBI-APBD oleh Kepala Cabang BPJS Kesehatan Bukittinggi, MB Sjahjadi kepada Kepala Dinas Kesehatan, Amdarisman di aula Dinkes setempat, Selasa (13/03/2018). (Foto: Heri/ Covesia)

Covesia.com - Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mencatat sebanyak 236.002 jiwa dari total 315.470 Warga Pasaman Sumatera Barat telah menjadi peserta JKN-KIS.

"Dengan demikian hampir 74,81 persen warga Pasaman sudah jadi peserta JKN-KIS sisa sekitar 79.468 jiwa yang belum," Kepala Cabang BPJS Kesehatan Bukittinggi, MB Sjahjadi dalam acara penyerahan 3.777 kartu kepesertaan JKN-KIS penerima bantuan iuran APBD kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, di aula Dinkes setempat, Selasa (13/03/2018). 

Menurut Sjahjadi, pemerintah daerah setempat berkomitmen meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Pasaman dengan melakukan integrasi Jamkesda atau masyarakat miskin dan tidak mampu ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat untuk tahun 2018. 

"Dengan integrasi Jamkesda ke program JKN-KIS ini masyarakat miskin yang telah dijaminkan kesehatannya oleh pemda Kabupaten Pasaman dapat menggunakan haknya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang kerjasama dengan BPJS Kesehatan," tukasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, Amdarisman mengatakan, kartu peserta JKN-KIS ini sudah ditunggu sekian lama oleh masyarakat setempat. Selama ini, kata dia, sejumlah persoalan kerap mewarnai masyarakat di daerah itu dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Kartu ini sangat ditunggu-tunggu. Persoalan di bawah, banyak disebabkan masyarakat tidak punya kartu KIS. Dengan adanya kartu ini, akan mempertegas identitas dari warga yang berobat kesetiap fasilitas kesehatan," kata Amda.

(hri/utr)

Berita Terkait

Baca Juga