Disdukcapil Teken MoU Distribusi Dokumen Kependudukan dengan PT POS

Disdukcapil Teken MoU Distribusi Dokumen Kependudukan dengan PT POS Foto: istimewa

Covesia.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menjalin kerjasama dengan PT.POS Indonesia Cabang Lubuk Sikaping guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk pengantaran dan penjemputan dokumen kependudukan.

"Kerjasama tersebut sudah berjalan sejak 2014 lalu. Namun pada tahun 2018, perjanjian kerjasama antara Disdukcapil dengan PT POS ditambah satu poin lagi, dari semula hanya pengantaran menjadi pengantaran dan penjemputan," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman, Sukardi saat acara penandatanganan MoU dengan PT.POS Indonesia Cabang Lubuk Sikaping dihadapan Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, Sekda M Saleh, Kepala OPD dan seluruh ASN di halaman Kantor Bupati, Senin (12/03/2018).

Dokumen, seperti KK, KTP dan akta lainnya dijemput dan diantar langsung ke rumah warga. Pengembangan ini dilakukan untuk mengakomodir kerja sama penerbitan akta kelahiran dengan para bidan Desa dan akta kematian dengan kepala Jorong di daerah itu. 

"Kini, bidan desa cukup mengumpulkan bahan di Puskesmas, demikian juga dengan kepala jorong cukup mengumpulkan bahan di Kasi Kependudukan kecamatan dan akan dijemput oleh pihak POS," katanya.

Menurut Sukardi, program itu merupakan bagian dari inovasi pelayanan oleh pihaknya agar masyarakat lebih banyak terbantu dan tidak harus mendatangi kantor Disdukcapil.

"Pengembangan layanan ini akan membantu masyarakat. Mereka, tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke Disdukcapil untuk mengurus dokumen kependudukan seperti yang saya sebutkan tadi," katanya.

Menurutnya, ini akan menghemat biaya. 

Sepanjang periode Januari-Februari 2018 pihaknya telah mendistribusikan 3.578 lembar Kartu Keluarga, 4.648 KTP elektronik, 2.068 Akta Kelahiran, 709 surat pindah dan 129 akta kematian kepada masyarakat melalui PT POS. 

Secara simbolis, diserahkan 481 lembar dokumen kependudukan kepada PT POS untuk di dua Nagari di Kecamatan Padang Gelugur yakni Nagari Sitombol Padanggelugur sebanyak 152 Kartu Keluarga dan Nagari Sontang Cubadak sebanyak 329 KTP elektronik.

Lebih lanjut kata Sukardi, Dokumen kependudukan yang diserahkan itu merupakan hasil cetak dari pelayanan keliling di Nagari Sitombol Padang Gelugur dan Nagari Sontang Cubadak.

Sebanyak dua unit mobil keliling diterjunkan setiap hari untuk melaksanakan pelayanan keliling ke masyarakat. 

"Kita melaksanakan pelayanan keliling ini di sekolah, masyarakat di kampung dan kejorongan. Tersedia dua unit mobil pelayanan," pungkasnya.

(adv/her)

Berita Terkait

Baca Juga