Harga Komoditas Sayuran di Pasar Tradisional Pariaman Melonjak Naik

Harga Komoditas Sayuran di Pasar Tradisional Pariaman Melonjak Naik Foto:Covesia/Rozi Yardinal

Covesia.com - Harga kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) mulai  merangkak naik, khususnya pada komoditas sayuran seperti buncis dan cabai. 

"Akibat kenaikan ini, seorang pelanggan bernama Ida (45) terpaksa mengurangi sambal pada jualan lontong di warung," ujarnya di Pasar Tradisional Pariaman saat membeli cabai.

Sebab dalam satu minggu terakhir sejumlah harga komoditas pangan melonjak naik. Alhasil para pedagang harus rela bernegosiasi dengan pelanggannya.

Sementara itu, Busra (24) salah satu pedagang di Pasar Pariaman, Senin (12/3/2018), mengatakan kondisi terjadi pada komoditas pangan, seperti cabai merah, cabe rawit dan buncis.

"Selain karena minimnya stok, kenaikan terjadi akibat meningkatnya permintaan dari masyarakat"

Ia mengatakan, kenaikan signifikan terjadi pada cabai merah, yakni sebelumnya seharga Rp45 ribu/kg sekarang mencapai Rp60 ribu/kg, cabe rawit Rp48 ribu/kg sekarang mencapai Rp60 ribu/kg. Sedangkan harga buncis dari Rp6 ribu sekarang Rp12 ribu/kg.

"Kondisi ini tentu menyulitkan para konsumen juga pedagang kebutuhan pokok. Konsumen yang mulai mengurangi pembeliannya menyebabkan berkurangnya omset pedagang" jelasnya.

Lebih lanjut, kata dia, jika harga naik maka sangat berpengaruh terhadap omset, begitu juga dengan harga turun atau stabil maka omset juga akan tinggi.

Sementara itu, kata dia, harga bawang untuk saat ini masih normal karena stok dari luar masih banyak," ujarnya.

Reporter Pariaman: Rozi Yardinal

Berita Terkait

Baca Juga