Bobol Mesin ATM di Bali, Tiga Warga Turki Diringkus Polisi

Bobol Mesin ATM di Bali Tiga Warga Turki Diringkus Polisi Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Lakukan aksi pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Canggu Mart, Jalan Batu Mejan, Kabupaten Badung, Bali, tiga warga Turki yakni Kimis Dogan (43), Mentes Mehmet (29) dan Koc Tayfun (35), ditangkap pihak kepolisian daerah itu.

"Ketiga tersangka berhasil ditangkap Jumat (9/3) tengah malam berkat laporan Bank Mandiri Regional XI Bali Nusra yang mana berdasarkan pengecekan rekaman kamera pengintai (CCTV) ada tiga warga asing yang dicurigai sebagai pelaku pembobolan ATM dengan teknik skimming," kata Kabid Humas Polda Bali Kombes (Pol) Hengky Widjaja seperti yang dilansir dari Antara, Sabtu (10/3/2018).

Bedasarkan hasil pemeriksaan awal, pelaku mengaku pemasangan alat Skiming tersebut dilakukan sebagai upaya menggandakan informasi yang terdapat dalam pita magnetik (magnetic stripe) yang terdapat pada kartu kredit maupun ATM/debit secara ilegal.

"Pemasangan alat skimming itu berkaitan dengan upaya pelaku untuk mencuri data nasabah, karena dari pita magnetik kartu ATM/debit secara ilegal untuk memiliki kendali atas rekening para korbannya," katanya.

Dari tangan para pelaku, petugas mengamankan barang bukti berupa lima unit laptop, dua buah telepon genggam, alat MSRGQG, alat skimming, satu set mini grinder, alat perekam, alat input data, buah kartu ATM, uang tunai Rp17,85 juta, dan uang tunai dalam bentuk ringgit Malaysia.

Penangkapan tersangka bermula dari informasi pihak bank tersebut, polisi melakukan penyelidikan dengan cara mengintai pelaku selama tiga hari sejak 7-9 Maret 2018.

Pada 9 Maret 2018, Pukul 00.15 Wita, tim opsnal Subdit III Ditreskrimum Polda Bali melakukan penangkapan terhadap pelaku Koc Tayfun dan pelaku Mentes Mehmet Ali ketika sedang beraksi melakukan Skiming di ATM Mandiri, Jalan Batu Mejan Canggu Badung.

Setelah dilakukan pemeriksaan kembali diamankan rekan pelaku Kimis Dogan di salah satu kamar di Hotel Goin jalan Dewi Sartika Kuta.

(ant/don)

Berita Terkait

Baca Juga