Pemprov Sumbar Alokasikan Dana Pembangunan Jalan Menuju Kampus III UIN IB Padang

Pemprov Sumbar Alokasikan Dana Pembangunan Jalan Menuju Kampus III UIN IB Padang Kampus UIN Imam Bonjol Padang

Covesia.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat alokasikan dana untuk pembangunan jalan menuju kampus III Universitas Negeri Islam (UIN) Imam Bonjol Padang pada tahun 2019 mendatang. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sumatera Barat, Fathol Bari, menyebutkan bahwa jalan sepanjang 2,7 Km menuju Kampus III UIN IB merupakan jalan Pemko Padang dan bukan kewenangan Pemprov.

"Jalan menuju kampus UIN tersebut kewenangannya Pemko Padang sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 34 tahun 2006 kewenangan daerah untuk membangun jalan kabupaten/kota," ujar Fathol Bari di Padang, Jumat, (9/3/2018)

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno menyebutkan bahwa memang kewenangan untuk membangun jalan tersebut barada di Pemko Padang, namun mengingat UIN merupakan salah satu universitas Islam yang berada di Sumbar maka Pemprov Sumbar harus membantu pembangunan akses menuju kampus tersebut.

"Belakangan ini Rektor UIN IB Padang, Eka Putra Wirman menemui saya terkait pembangunan UIN, sekarang UIN menerima bantuan dari Islamic Development Bank (IDB) Ratusan Miliyar Rupiah, nah salah satu syaratnya adalah adanya ketersediaan akses jalan yang memadai," ungkap Irwan Prayitno.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa Pemprov akan membantu pembangunan jalan sebesar Rp 2,5 Miliyar, ini merupakan komitmen kita untuk meloloskan bantuan dana IDB tersebut.

(dil)

Berita Terkait

Baca Juga