349 CJH Bukittinggi Telah Lakukan Manasik Mandiri

349 CJH Bukittinggi Telah Lakukan Manasik Mandiri Ilustrasi Jemaah Haji di Makkah (Foto:Covesia)

Covesia.com - Sebanyak 349 calon jamaah haji (CJH) kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2018 telah melaksanakan manasik mandiri di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) di kota tersebut.

"Untuk saat ini sudah ada 349 calon jamaah haji Bukittinggi yang telah melakukan manasik mandiri di empat KBIH, " ungkap Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kemenag Bukittinggi, M Arsyad, Rabu (7/3/2018).

Ia menambahkan untuk kuota haji Bukittinggi di tahun ini berjumlah 358 orang termasuk di dalamnya kuota cadangan sebanyak 22 orang.

"Dari jumlah calon jamaah haji tersebut belum dipastikan berangkat semuanya karena tergantung pada kondisi kesehatan calon jamaah jelang pemberangkatan, " jelasnya.

Ditambah lagi dengan rencana pemerintah pusat menaikan ongkos naik haji (ONH) ditahun ini yang masih menunggu keputusannya.

"Meski demikian rencana pemerintah tersebut sudah diketahui oleh jamaah, jadi mereka telah menyiapkan dana tambahan jika keputusan ONH sudah ditetapkan," ujarnya.

Diperkirakan pelaksanaan haji 2018 untuk Bukittinggi pada 16 Juli akan masuk asrama haji di Padang, 17 Juli pemberangkatan CJH ke Madinah dan tanggal 20 Wukuf di Arafah.

(deb/don)

Berita Terkait

Baca Juga