111 Unit Kapal Lampara Dasar di Pesisir Selatan Masih Beroperasi

111 Unit Kapal Lampara Dasar di Pesisir Selatan Masih Beroperasi Ilustrasi

Covesia.com - Seratus Sebelas unit kapal lampara dasar di pantai Nagari Muara Kandis, Kecamatan Linggosari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) masih tetap beroperasi sampai hari ini, Rabu.

Kepala Bidang Tangkap, Dinas Perikanan Dan Kelautan Alfirman saat ditemui Covesia.com, Rabu (7/3/2018) mengatakan, memang benar kapal lampara dasar yang berada di Air Haji masih beroperasi karena diberi toleransi sampai tahun 2019 menjelang mendapatkan pengganti jaring.

"Sebab sudah ada kesepakatan dengan nelayan pada 26 Januari 2018 lalu, dengan syarat tidak keluar jalur dan beroperasi hanya sekitar Air Haji saja," sebutnya.

Kesepakatan yang dibuat langsung dihadiri pihak Lantamal II Padang, Pemkab Pesisir Selatan, Pemrov Sumbar, nelayan beserta masyarakat setempat.

Lanjutnya lagi, mengenai pergantian jaring lampara dasar akan ditanggung oleh dana APBD Kabupaten Pesisir Selatan dan provinsi.

"Dengan anggaran dana sebesar Rp10 miliar, dengan kata lain, separuh ditanggung pemerintahan daerah separuh lagi ditanggung pemerintahan provinsi," tutupnya.

Kontributor Pessel: Indra Yen


Berita Terkait

Baca Juga