Kondisi Jembatan Batang Tananggang Agam Rusak, Masyarakat Harapkan Perbaikan

Kondisi Jembatan Batang Tananggang Agam Rusak Masyarakat Harapkan Perbaikan Foto:Covesia/Johan Utoyo

Covesia.com - Kondisi jembatan di jalan penghubung IV Nagari Palembayan, Jorong subarang Aia, nagari Salah Aia, kecamatan Palembayan, kabupaten Agam, Sumatera Barat, sudah sangat memprihatinkan. Pasalnya prasarana transportasi yang membentang di atas sungai Tananggang itu dalam kondisi rusak parah.

Lantai jembatan yang terbuat dari balok kayu terlihat sudah banyak yang rusak dan bolong, belum lagi tiang dan tulang jembatan yang terbuat dari pohon kelapa membuat ketahanan terhadap beban sangat diragukan.

"Ini jembatan penghubung antar kecamatan, ratusan kendaraan melintas disana setiap harinya, bahkan ada dengan truck mengangkut hasil pertanian dengan muatan penuh, jika tidak segera diperbaiki kami takut akan memakan korban," ujar Eri warga setempat, saat menemani Covesia.com melihat kondisi jembatan,  Rabu (13/2/2018).

Kondisi tersebut bisa lebih parah jika hujan atau jembatan dalam kondisi basah,  lantai yang terbuat dari kayu itu akan menjadi licin dan sulit dilalui. 

Ditambahkan nya lagi hingga saat ini tak terhitung lagi kasus kecelakaan tunggal yang terjadi akibat kondisi jalan tersebut bahkan ada yang hampir merenggut nyawa.

"Yang jatuh sendiri akibat tergelincir sudah banyak bahkan ada 2 kali kejadian jatuhnya ke sungai namun cepat dilarikan kerumah sakit," ujarnya.

Eri berharap pemerintah setempat bisa melakukan perbaikan jembatan ini.

"Melihat arus kendaraan dan antisipasi pengendara yang terjatuh saat melintas, sudah selayaknya pemerintah membangun jembatan lebih besar dan permanen, " harapnya.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga