Yusuf Lubis Lantik 177 Pejabat Struktural dan Fungsional di Pemkab Pasaman

Yusuf Lubis Lantik 177 Pejabat Struktural dan Fungsional di Pemkab Pasaman Bupati Pasaman Yusuf Lubis melantik 177 pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Pemkab setempat di Aula Gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping, Rabu (14/2/2018) (Foto:Heri Sumarno)

Covesia.com - Bupati Pasaman Yusuf Lubis melantik 177 pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Pemkab setempat  di Aula Gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping, Rabu (14/2/2018).

Adapun keseluruhan yang dilantik terdiri dari eselon II satu orang, eselon III sebanyak 55 orang, eselon IV sebanyak 102 orang dan 19 orang pejabat fungsional.

Yusuf Lubis mengatakan, biasanya pelantikan pejabat hanya dilakukan bagi pejabat struktural. Namun, kini kata dia, setiap pejabat struktural dan fungsional tertentu harus dilantik sebelum mengemban jabatan.

"Semua pejabat yang dilantik baik struktural maupun fungsional harus dilantik sebelum mengemban jabatan. Kepada yang dilantik dilakukan agar amanah, memiliki motivasi kerja dan bertanggung jawab, sesuai antara perkataan dengan perbuatan sebagaimana tercantum dalam fakta integritas yang sudah ditandatangani. Penandantanganan fakta integritas ini untuk mewujudkan pelayanan publik yang adil, berkualitas dan transparan," katanya.

Lebih lanjut Yusuf Lubis, mengatakan semua pejabat yang dilantik berdasarkan keahlian dan keterampilan yang dimilikinya.

"Semua yang dipilih sudah sesuai keahlian dan keterampilan yang dimilikinya. Maka pejabat fungsional dituntut mampu menjalankan tugas profesinya secara terukur dengan melakukan penghitungan dan akumulasi setiap butir-butir kegiatan dalam bentuk angka kredit," tegasnya.

Yusuf Lubis mengatakan, pengangkatan seorang PNS dalam jabatan struktural dan fungsional bukanlah proses yang mudah, seorang PNS yang akan diangkat menjadi pejabat fungsional harus melalui serangkaian proses yang panjang.

"Selain kemampuan dan kapasitas sebagai seorang PNS, juga ada dasar lain, yaitu kompetensi, profesionalisme dan integritas yang tinggi terhadap tugas yang dijalankan selama ini. Oleh karena itu jangan menyalahgunakan kewenangan, melakukan pelayanan kepada masyarakat tanpa diskriminasi, tidak KKN, memberikan keteladanan kepada bawahan, harus bersikap transparan. Serta jujur, objektif dan akuntable serta menjunjung tinggi kehormatan pemerintah dan korps Pegawai Negeri Sipil (PNS)," kata Bupati.

(eri/don)

Berita Terkait

Baca Juga