Ratusan Pucuk Senjata Api Rakitan Dimusnahkan Polda Sumbar

Ratusan Pucuk Senjata Api Rakitan Dimusnahkan Polda Sumbar Foto:Covesia/Primadoni

Covesia.com - Sebanyak 816 pucuk senjata api rakitan (gobok) berbagai jenis milik warga yang berada di wilayah hukum Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) dimusnahkan, Senin (12/2/2018).

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal mengatakan, 816 pucuk senjata api rakitan tersebut merupakan hasil sitaan dari warga oleh seluruh Polres yang ada di Sumbar.

“Penyitaan senjata api rakitan dari warga tersebut kita lakukan karena sering disalah gunakan, biasanya gobok tersebut hanya digunakan warga untuk berburu hama Babi, namun akhir-akhir ini ada beberapa kasus yang terjadi akibat penyalah gunaan senjata api tersebut, seperti yang terjadi di Kabupaten Agam dan Dharmasraya,” kata Kapolda.

Lebih lanjut Kapolda meyebutkan, walaupun ini merupakan senjata rakitan namun ancamannya sama dengan senjata api lain yang beredar ilegal di masyarakat, baik itu ancaman tindak kejahatan dan juga ancaman hukumannya.

Oleh sebab itu, imbau Kapolda, seluruh Polres yang ada di Sumbar mensosialisasikan lagi kepada masyarakat yang memiliki senjata api rakitan tersebut agar segera diserahkan ke pihak Kepolisian.

“Untuk yang kita sita saat ini merupakan hasil sitaan pada dua bulan terakhir di tahun 2017,” ungkap Kapolda.

(don)


Berita Terkait

Baca Juga