Jadi Menteri Terbaik di Dunia, Ini Sepak Terjang Sri Mulyani

Jadi Menteri Terbaik di Dunia Ini Sepak Terjang Sri Mulyani Menkeu Sri Mulyani (Foto: Instagram smindrawati)

Covesia.com - World Government Summit menobatkan Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati menjadi Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) beberapa waktu lalu.

Sri Mulyani kerab disebut Karini Indonesia di bidang ekonomi, pasalnya wanita kealhiran Lampung 55 tahun silam ini  bukan hanya berhasil meningkatkan perekonomian Indonesia, tetapi bersumbangsih besar terhadap perekonomian dunia.

Nama Sri Mulyani melejid saat menjadi salah satu menteri di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I dan II dibawah kepemimpinan Presiden Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kemudian Alumni Universitas Indonesia (UI) ini berhasil menjabat sebagai Direktur Bank Dunia sejak Juni 2010.

Sejak 1998, ibu dari tiga orang anak ini terkenal dengan kemampuannya sebagai seorang pengamat ekonomi di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan pengangkatan Sri Mulyani sebagai Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI) pada Juni 1998.

Kemampuannya ini membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan perombakan kabinet,  dan mempercayakan Sri Mulyani dipindahkan menjadi Menteri Keuangan menggantikan Jusuf Anwar pada 5 Desember 2005. Sejak tahun 2008, ia menjabat Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, setelah Menko Perekonomian Dr. Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia.

Istri dari Tony Sumarto ini pernah dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 18 September 2006 di sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura.

Ia juga terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008 dan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007.

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga