Air Sungai Batu Gadang Agam Meluap Rendam Sawah dan Rumah Warga

Air Sungai Batu Gadang Agam Meluap Rendam Sawah dan Rumah Warga Air bah yang merendam sawah warga di Palupuah Agam (Foto:BPBD kab.Agam)

Covesia.com - Tingginya curah hujan yang melanda kabupaten Agam, beberapa waktu terakhir membuat sungai Batu Gadang, jorong Paninggiran Ateh dan Paninggiran bawah, nagari Nan Tujuah, kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, Sumatera Barat meluap dan merendam rumah masyarakat.

Kalaksa BPBD Agam, M Luthfie Malalui unit Pusdal Ops, Lukman mengatakan, meluapnya sungai sangat dipengaruhi curah hujan yang tinggi di wilayah setempat semenjak, Siang hingga malam, Sabtu (10/2/2018).

"Untuk jorong Paninggiran Ateh, luapan air sungai yang membawa material longsor merendam sawah warga setempat lebih kurang 2 hektar sedangkan di jorong Paninggiran Bawah, luapan air menggenangi 1 masjid dan 2 unit rumah warga," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com.

Dijelaskannya, saat ini tim gabungan BPBD Agam, pemerintah nagari, kecamatan dan pihak terkait lainnya sudah melakukan evakuasi kepada  warga yang terkena banjir, serta melakukan siaga mengantisipasi kemungkinan buruk terjadi, 

"Saat ini kita sedang bersiaga mengingat potensi curah hujan tinggi bisa kembali terjadi, " lanjutnya.

Dilanjutkan Lukman, dari pengakuan masyararat setempat musibah air bah ini merupakan yang pertama kalinya terjadi.

"Sebelumnya air tidak sampai merendam rumah dan menggenangi jalan penghubung antar jorong," ujarnya menirukan ucapan salah seorang warga.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut sedangkan kerugaian materil belum bisa di prediksi. Pantauan sementara, malam ini debit air sungai sudah mulai berkurang namun pihaknya tetap menghimbau masyarakat untuk waspada.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga