BUMnag Lubas Mandiri Bangun Ekonomi Masyarakat dengan Memanfaatkan SDA Sekitar

BUMnag Lubas Mandiri Bangun Ekonomi Masyarakat dengan Memanfaatkan SDA Sekitar Lokasi panen ikan di kolam Jorong Lubuak Sao Lubuk Basung (Foto:Johan Utoyo)

Covesia.com - Memiliki sumber daya alam yang melimpah, sayang jika tidak dimanfaatkan untuk kemajuan perekonomian masyarakat. Pemikiran tersebut menjadi inisiasi bagi Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Lubas Mandiri, di Nagari Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat untuk menggenjot ekonomi masyarakat disekitarnya dengan menembangkan budidaya ikan air tawar.

Sepertihalnya yang diutarakan oleh sekretaris BUMNag Lubas Mandiri, Ekawati kepada Covesia.com disela-sela pemantauan hasil panen ikan diwilayah binaannya, Jumat (12/1). Pada kesempatan tersebut ia mengatakan, lembaganya telah memulai memanfaatkan sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada di kenagariaanya dalam menggerakan perekonomian masyarakat sekitar,

"Saat ini kita sudah panen ikan majalaya dan nila sebanyak 2 kolam, hasilnya cukup menggiurkan, " tutur Ekawati dilokasi panen ikan di kolam jorong Lubuak Sao.

Dikatakannya, untuk tahap awal pihaknya mengucurkan dana lebih kurang Rp100 juta yang bersumber dari dana desa. Sedangkan untuk pengelolaan menggunakan sistem kerjasama dengan masyarakat 

"Kita menjalin kerjasama dengan masyarakat, BUMNag menyediakan lokasi dan masyarakat yang mengelola dengan bagi keuntungan 60% untuk BUMNag dan 40% untuk pihak pengelola," lanjutnya.

Tidak hanya budidaya ikan air tawar, pihaknya juga mengembangkan usaha pertanian tanaman jagung serta toko alat dan bahan-bahan pertanian. 

"Kita juga mengembangkan usaha pertanian jagung di lahan seluas 1,25 Hektar serta 1 toko penyedia bahan dan perlengkapan pertanian di pasar Usang Lubuk Basung," ujarnya juga.

Sementara itu, walinagari Lubuk Basung, Ira Darma Putra menjelaskan, dengan adanya BUMNag bisa menggenjot penghasilan penghasilan nagari tersebut.

"Nagari Lubuk Basung punya potensi yang bisa dikembangkan berupa sumber air yang cukup untuk budidaya ikan serta kawasan pertanian yang subur, kita mewadahi masyarakat,  dalam penyediaan lahan dan modal serta memberikan keterampilan," tutupnya.

(han/adi)

Berita Terkait

Baca Juga