Di Agam, Sapi Betina 'Diwajibkan' Bunting

Di Agam Sapi Betina Diwajibkan Bunting Foto: pixabay

Covesia.com - Dinas Pertanian Holtikultura dan Peternakan (Dispertahornak) Kabupaten Agam, menggelar program usaha terpadu salah satunya inseminasi buatan (lB). Daerah itu pun akan 'mewajibkan' seluruh sapi betina milik peternak bunting atau mengandung. 

Kepala Dispertahornak Agam, Afdhal mengatakan pihaknya menargetkan pelaksanaan IB bisa meningkatkan populasi hewan ternak di tahun ini.

"Untuk 2018 Pemda Agam menargetkan 5.818 ekor sapi betina produktif menjadi sasaran pelaksanaan IB," katanya ketika di konfirmasi Covesia.com, Jumat (11/1/2018).

Menurutnya, untuk mempercepat peningkatan populasi di tingkat peternak, juga diprogramkan 'Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) sesuai dengan Permentan Nomor 48 Tahun 2016.

"Selain berdampak terhadap pemenuhan akan kebutuhan protein hewani, meningkatnya populasi ternak juga mampu berperan dalam kesejahterakan masyarakat berupa usaha sampingan dan lapangan pekerjaan," ungkap Afdhal.

Dilanjutkannya, dalam jangka pendek ini pemerintah Agam akan memperkuat aspek perbenihan dan perbibitan di tingkat peternak, baik secara kelompok maupun individu.

"Tahun ini kita akan mengupayakan peningkatan populasi, jadi sapi betina di kabupaten Agam wajib bunting," tutupnya.

(han/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga