Gubernur Sumbar: NES Solusi Berantas Kemiskinan

Gubernur Sumbar NES Solusi Berantas Kemiskinan Foto:Johan Utoyo

Covesia.com - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, launching program Nagari Elok Sejahtera (NES) ke 2. Kegiatan tersebut dilaksanakan di GOR Rang Agam, Lubuk Basung, kabupaten Agam, Sabtu (16/12/2017). Program itu merupakan kerjasama antara pemerintah provinsi Sumatera Barat, Bank Nagari dan Otoritas Jasa Keuangan, (OJK) Sumbar.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menjelaskan, Program NES ini merupakan program  berbasis kemudahan akses (inklusi) keuangan, untuk membantu masyarakat yang bergerak di sektor ketahanan pangan yakni pertanian, kehutanan, perkebunan, dan perikanan.

"NES merupakan konsep perpaduan berbagai kepentingan untuk memberantas kemiskinan, jika dilakukan bersama-sama insyaallah tujuan kesejahteraan akan tercapai," ujarnya saat memberikan sambutan.

Lebih jelas dilanjutkan Gubernur Sumbar, Program NES ini sangat membantu pemerintah daerah untuk menyelesaikan berbagai permasalahan ekonomi dan ketahanan pangan yang ada, dengan dukungan pembiayaan dari perbankan dan pihak lainnya. "Berharap masyarakat bisa memanfaatkan program tersebut agar ekonomi dan ketahanan pangan bisa berkembang dengan pesat," ulasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Agam, Trindra Farhan Satria mengatakan, program itu dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berbasis nagari.

"Kita mengharapkan gerakan NES ini dapat meningkatkan ketahanan pangan, pengembangan ekonomi kreatif, pengembangan agrowisata dan perluasan literasi keuangan yang mewujudkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani," pungkasnya.

Reporter Kab.Agam: Johan Utoyo

Berita Terkait

Baca Juga