Musim Kemarau, Lahan Sawit Warga Padang Pariaman Terbakar

Musim Kemarau Lahan Sawit Warga Padang Pariaman Terbakar Lokasi kebakaran lahan sawit di Padang Pariaman. (istimewa)

Covesia.com - Lahan sawit warga di Korong Rimbo Batang Kamaru, Nagari Tapakih, Kecamatan Ulakan Tapakih, Pandang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), dilalap sijago merah. 

"Iya, kejadian itu terjadi pada Minggu (21/2/2021) sekitar pukul 11.30 WIB," kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar), Padang Pariaman, Rianto, pada Senin (22/2/2021). 

Lanjut Rianto, yang terbakar tersebut adalah lahan sawit, untuk luasnya diperkirakan sekitar 1,5 hektare. 

"Kami sudah berusaha memadamkan apinya, namun hanya sebagian yang baru bisa diantisipasi. Karena slang tidak sampai ke lokasi titik api lainya," ungkap Rianto.

Rianto menyebutkan, kebakaran itu karena cuaca panas dan kondisi pohon serta tanah yang kering, kemudian angin juga cukup kencang, jadi api mudah menjalar. 

"Lokasi di sana juga tanahnya gambut," ujarnya. 

Rianto juga mengakui pihaknya mengalami sedikit kesulitan dalam pemadaman api tersebut, sebab lokasi titik api itu jauh masuk ke dalam, dan tidak bisa dilalui mobil damkar.

Jadi untuk menindak lanjuti itu, pihaknya saat ini masih melakukan kordinasi dengan BPBD setempat.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Padang Pariaman, Budi Mulya, juga membenarkan terkait kebakaran itu, dan pihaknya sudah melakukan pemadaman api sejak sore kemaren. 

"Ada 12 orang anggota BPBD yang diturunkan, dan saat ini masih melakukan pemadaman," jelasnya. 

Kemudian kata Budi, untuk lahan yang terbakar itu sekitar dua kilo meter dari pemukinan warga, dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

(pri)

Berita Terkait

Baca Juga