BMKG Prakirakan Cuaca Cerah di Sumbar Akan Berlangsung Hingga Seminggu Kedepan

BMKG Prakirakan Cuaca Cerah di Sumbar Akan Berlangsung Hingga Seminggu   Kedepan BMKG Stasiun Minangkabau (Foto: Covesia/Ist)

Covesia.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Minangkabau memprakirakan untuk cuaca di wilayah Sumatera Barat (Sumbar), hingga Seminggu kedepan masih berpotensi cerah hinga cerah berawan. 

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun BMKG Minangkabau, Yudha Nugraha menyebutkan kondisi ini sudah berlangsung awal februari, dan peluang hujan cukup rendah terjadi Sumbar. 

"Kondisi dalam satu bulan ini cuaca cenderung cerah, hingga cerah berawan, baik siang maupun malam hari, itu untuk wilayah sebagian besar wilayah di Sumbar. Berdasarakan analisa kami, ini karena adanya pola angin musim asia yang menggeser massa udara basah yang ada di Sumbar ke arah selatan dan tenggara, sehingga akumulasi massa udara basah tersebut terkumpul di wilayah Jawa dan mengakibatkan kondisi cenderung di wilayah selatan Sumatera dan Jawa tinggi intensitas hujannya sehingga menyebabkan banjir di daerah itu," sebut Yudha dalam keterangannya ke awak media, Sabtu (20/2/2021). 

Kemudian lanjut Yudha, dengan kondisi seperti ini mangkanya siang hingga malam hari cuaca cenderung terasa panas dirasakan atau suhu maksimum dapat dirasakan mencapai 33 derajat celcius. Namun kondisi tersebut masih dikatakan normal. 

"Jadi memang dari analisa kami, lima hingga seminggu kedepan masih dominan cerah hingga cerah berawan terjadi di wilayah Sumbar," jelasnya.

Yudha menambahkan, selain kondisi saat ini, juga terdapat di beberapa daerah hujan-hujan ringan pada sore hingga malam hari, terutama di bagian pesisir barat Sumbar, seperi Mentawai, Pasaman dan Agam.

Untuk potensi Hujan di Sumbar ia menyebutkan bahwa akan muncul pada awal-awal hingga pertengahan bulan maret dan puncaknya nanti pada bulan April.

(don)

Berita Terkait

Baca Juga