KPU Sumbar Tunggu Kepastian Kemendagri Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar

KPU Sumbar Tunggu Kepastian Kemendagri Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Foto: Laila Marni/covesia.com

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum Sumbar selesai menggelar rapat pleno penetapan Gubernur dan wakil gubernur terpilih. Setelahnya, KPU akan serahkan berita acara dan SK Gubernur terpilih ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar. 

"Kita melakukan rapat pleno terbuka ini pasca keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi yang dibacakan pada 16 Februari 2021 kemarin. Untuk dilanjutkan ke Presiden melalui Mentri dalam negri, guna mengeluarkan SK gubernur sekaligus melantik Gubernur dan wakil gubernur terpilih, " ungkap Ketua KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani kepada wartawan, Jumat (19/2/2021). 

Dikatakan Yanuk, tahapan di KPU sendiri sampai pada penetapan calon terpilih, dengan ditetapkan hari ini tahapan pemilu Serentak 2020 telah selesai. Hasilnya kita serahkan ke DPRD Prov Sumbar.

"Kalau Kabupaten kota yang tidak ada sengketa di MK itu pada umumnya sudah menetapkan seluruhnya. Kemudian ada 5 Kabupaten ke MK dan 4 Kabupaten sudah keluar putusan dari MK. KPU Padang Pariaman dan KPU Sijunjung sudah menetapkan pada hari kamis kemarin. Hari ini KPU Sumbar dan selanjutnya ditetapkan juga pessel dan 50 Kota, "jelas Yanuk. 

Di kesempatan tersebut, Yanuk mengatakan dari 5 daerah yng mengajukan sengketa ke MK ada 1 daerah yakni Kabupaten Solok yang lanjut pada proses sidang berikutnya.

Tak hanya itu, Yanuk menyebutkan untuk pelantikan kita menunggu Mendagri. "Kemarin sudah ada surat dari Mendagri untuk bupati dan walikota, yakni di minggu ke 4 Februari. Tetapi informasinya juga kemungkinan Gubernur juga di minggu itu. Tapi kita tunggu kepastian saja nanti," imbuhnya. 

(lia/adi)

Berita Terkait

Baca Juga