Puluhan Tambak Udang di Padang Pariaman Tak Punyai Izin Lengkap

Puluhan Tambak Udang di Padang Pariaman Tak Punyai Izin Lengkap Ilustrasi tambak udang. (sumber: spdi.eu)

Covesia.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), menyebutkan hingga sekarang baru satu tambak udang di daerah tersebut yang memiliki izin lengkap.

"Satu itu, dari 34 tambak udang di Padang Pariaman, yang sudah mengajukan izinnya," sebut Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Padang Pariaman, Rudy Repenaldi Rilis pada Kamis (18/2/2021) saat ditemui dikantornya.

Lanjut Rudy, sebenarnya melihat perilaku pengelola tambak udang, maka menurutnya jumlah tambak di Padang Pariaman lebih banyak dari jumlah tersebut. 

Rudy megatakan, rincian dari puluhan tambak tersebut, tiga tambak baru memiliki izin tata ruang, tujuh telah memiliki izin lingkungan, 10 tambak sedang proses direkomendasikan izin tata ruang, dan 13 tambak yang tidak direkomendasikan.

Jadi terkait hal itu, Rudy meminta peran dari pemerintah nagari untuk ikut mengawasi pembangunan tambak di daerahnya, karena pemerintahan terendah itu jauh lebih mengetahui perkembangan di wilayahnya.

Rudy mengungkapkan, terhadap puluhan tambak yang tidak mempunyai izin tersebut, pihaknya telah mengirimkan surat teguran terhadap pemilik tambak tersebut.

"Namun masih banyak diantara pemilik tambak itu yang tidak mengindahkannya, sehingga diperlukan tindakan penertiban," ucapnya. 

Rudy menegaskan, bahwa pihaknya pasti akan menertibkan tambak udang yang tidak memiliki izin tersebut. Hanya saja menunggu waktu yang tepat. 

"Nanti kami akan tertibkan tambak udang yang tidak berizin tersebut bersama pihak terkait kalau waktunya sudah tepat," tegasnya.

(per)

Berita Terkait

Baca Juga