Kebakaran Lahan Sawit Seluas 21 Hektare di Agam Berhasil Dipadamkan

Kebakaran Lahan Sawit Seluas 21 Hektare di Agam Berhasil Dipadamkan Sumber: istimewa

Covesia.com - Selama tiga hari berjibaku, tim gabungan dari Pemerintah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berhasil padamkan api yang menghanguskan lahan gambut seluas 21 hektare di Jorong Aia Maruok, Nagari Persiapan Durian Kapeh, Kecamatan Tanjung Mutiara.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Syafrizal mengatakan, proses pemadaman melibatkan 20 orang yang terdiri dari BPBD, Polres Agam, Damkar, pemilik lahan dan warga setempat.

"Hingga sore ini titik api sudah tidak terlihat, namun petugas tetap bersiaga mengantisipasi munculnya titik api baru mengingat lahan yang terbakar adalah lahan gambut dan masih mengeluarkan asap," ujarnya, Selasa (16/2/2021).

Dijelaskan Syafrizal, proses pemadaman api dilakukan menggunakan tiga unit mesin portabel milik BPBD Agam dan Satpol PP Damkar Agam. 

Namun, minimnya sumber air di lokasi membuat pertugas kesulitan dan terpaksa memindahkan mesin portabel ke parit yang memiliki air.

Selain itu, cuaca panas dan berangin membuap api menjapar cepat. Hingga hari ini lanjut Syafrizal tercacat seluas 21 hektare lahan terbakar di dua lokasi yang letaknya tidak terlalu jauh.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga