5 Hektar Kebun Sawit Terbakar di Agam.

5 Hektar Kebun Sawit Terbakar di Agam Foto: Istimewa

Covesia.com - Semakin meluas, 5 hektar kebun sawit di Jorong Aia Maruok Nagari Persiapan Durian Kapeh Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumbar terbakar.

Kasi Tata Pemerintahan dan Pelayanan Kecamatan Tanjung Mutiara, Weri Ikhwan mengatakan, 5 hektar lahan gambur tersebut terdiri dari 2 hektar milik Dasiri dan Jarot seluas 3 hektar.

"Hari ini ada tambahan 5 hektar lahan terbakar, sementara itu petugas masih berupaya melakukan pemadaman," ujarnya saat dikonfirmasi Minggu (14/2/2021).

Dijelaskan Weri Ikhwan, kebakaran lahan gambut ini diketahui oleh warga pada Jum'at (12/2/2021) sore lalu, masyarakat melakukan upaya pemadaman api dengan menyiram lahan yangg terbakar menggunakan air dan perlengkapan seadanya namun api masih tidak dapat dipadamkan. 

Kemudian pemilik kebun melaporkan kepada pihak Polsek Tanjung Mutiara dan melanjutkan laporan kepada BPBD Kabupaten Agam.

Upaya pemadaman petugas sudah dilakukan semenjak kemarin namun cuaca panas disertai angin sejak awal bulan Februari 2021 mengakibatkan api merambat dengan cepat di lahan gambut yang berisi kelapa sawit milik masyarakat. 

"Sabtu sore upaya pemadaman terpaksa dihentikan mengingat kondisi hari yang mulai gelap barulah bisa dilajutkan hari ini," terangnya

 (Jhn).

Berita Terkait

Baca Juga