Indo Jalito Peduli, Bangun Rumah Warga yang Tidak Layak Huni di Pariaman

Indo Jalito Peduli Bangun Rumah Warga yang Tidak Layak Huni di Pariaman Indo Jalito Peduli, Bangun Rumah Warga yang Tidak Layak Huni di Pariaman, Sabtu (13/2/202)1(Foto: Ist)

Covesia.com - Bentuk kepedulian terhadap warga kurang mampu, perkumpulan ibu-ibu Minangkabau (Indo Jalito) Peduli, membangun rumah warga di kawasan Desa Pakasai Padusunan, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

Pembangunan rumah warga tersebut dilakukan pada Sabtu (13/2/2021). Penyerahan rumah itu diserahkan langsung oleh Ketua Indo Jalito Peduli, Astri Asgani beserta rombongan dan Walikota Pariaman, Genius Umar kepada warga kurang mampu tersebut. 

"Alhamdulillah, saat ini kami kembali membangun rumah warga kurang mampu. Selain di Kota Pariaman ini, kami juga sudah membangun rumah warga kurang mampu di Kota Payakumbuh, Padang dan Padang Panjang," ungkap Ketua Indo Jalito Peduli, Astri Asgani usai penyerahan rumah tersebut, Sabtu (13/2/2021).

Lanjut Astri, di Kota Payakumbuh ada dua unit, kemudian di Padang dan Padang Panjang, satu unit. 

"Untuk dana pembangunan rumah tersebut, senilai Rp25 juta," kata Astri.

Astri menjelaskan, saat ini Indo Jalito telah berusia 21 tahun dengan jumlah anggota 150 orang. Kemudian, untuk anggotanya, semuanya perempuan berdarah Minang atau bersuami Minang.

"Indo Jalito ini bergerak di bidang seni, sosial dan budaya. Sudah ratusan aksi seni, sosial dan budaya yang kami lakukan," sebutnya.

Sedangkan kata Astri, untuk sumber dana selama aksi yang sudah dilakukan oleh pihaknya, semuanya bersumber dari anggotanya sendiri. 

"Dalam aksi, kami tidak pernah dapat dari sponsor atau organisasi lainnya, apalagi dari partai politik. Kemudian, Indo Jalito bukan gerakan politik atau lainnya. Ini murni kepedulian dari perantau yakni anggota," jelasnya.

Astri mengatakan, misi mereka dalam aksi tersebut adalah bersama menyejahterakan masyarakat. 

"Dengan aksi yang kami lakukan ini, kami harapankan tidak ada lagi saudara kami yang hidup dalam garis kemiskinan lagi. Apalagi tidak mempunyai rumah layak huni," ucapnya. 

Maka itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang berekonomi lebih, untuk ikut peduli terhadap saudara yang kurang mampu.

(per)

Berita Terkait

Baca Juga