Ratusan Kardus Rokok Ilegal Senilai Miliaran Rupiah Diamankan Polisi di Payakumbuh

Ratusan Kardus Rokok Ilegal Senilai Miliaran Rupiah Diamankan Polisi di Payakumbuh Tampak Satreskrim Polres Payakumbuh saat mengamankan ratusan kardus rokok ilegal, Kamis (11/2/2021)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Team Cheetah Satreskrim Polres Payakumbuh berhasil mengamankan ratusan kardus rokok ilegal berbagai merek di Jorong Sikabu-Kabu, Nagari Sikabu-Kabu, Tanjuang Aro Padang Panjang, Kecamatan Luhak, Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis (11/2) sekitar pukul 18.00 wib. Jika dihitung, nilai rokok ini mencapai Miliaran Rupiah.

Kapolres Payakumbuh, AKBP. Alex Prawira melalui Kasat Reskrim, AKP. M. Rosidi menyebutkan terungkapnya penimbunan rokok ilegal ini setelah menerima laporan dari masyarakat.

Kemudian, tim Cheetah bergerak ke lokasi dan langsung mengamankan rokok yang tidak memiliki pita cukai itu.

“Berdasarkan informasi dan hasil penyelidikan Opsnal Sat Reskrim Polres Payakumbuh, didapati informasi adanya rumah yang bertempat di Jorong Sikabu Padang Panjang Kenagarian Sikabu-kabu Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota yang dijadikan tempat penimbunan rokok ilegal," sebut Kapolres Payakumbuh, AKBP. Alex Prawira melalui Kasat Reskrim, AKP. M. Rosidi, Jumat pagi (12/2/2021) di Mapolres Payakumbuh.

AKP. M. Rosidi juga menambahkan, rumah tempat penimbunan rokok tersebut dihuni oleh KS (28) dan disimpan di ruangan tamu rumah. Kepada penyidik, KS menyebutkan bahwa rokok itu dititipkan oleh kemenakannya berinisial A yang merupakan rokok dari L. Dan dari keterangan pemilik rumah kepada Team Cheetah, hal ini baru pertama kali dilakukannya.

“Namun kasus ini akan terus dilakukan penyelidikan,” kata Rosidi.

Dari hasil tangkapan tersebut, pihak Polres Payakumbuh mengamankan 305 karton besar rokok ilegal. Dengan jumlah 152.500 bungkus atau  3.050.000 batang. Jika dihitung nominal, mencapai  Rp 3.095.750.000. Dan negara berpotensi dirugikan sebesar Rp 1.715.213.250. 

(agg)

Berita Terkait

Baca Juga