Puskesmas Kuraitaji Terbaik di Sumbar

Puskesmas Kuraitaji Terbaik di Sumbar Walikota Pariaman, Genius Umar melakukan sidak ketempat pelayanan kesehatan di kota tersebut.

Covesia.com - Berdiri sejak 1981, Puskesmas Kuraitaji, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), merupakan pusat kesehatan tertua di kota tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Puskesmas Kuraitaji, dr. Ramadhani. Bahwa katanya, dimana setelah gempa besar 2009, puskesmas tersebut dibangun ulang dan selesai pada 2014.

Ramadhani menyebutkan, saat ini Puskesmas Kuraitaji telah ter Akreditasi Utama. Selain itu, Puskesmas Kuraitaji juga dikategorikan puskesmas ramah anak, puskesmas santun lanjut usia, dan rawatan dengan lima kamar.

"Di Puskesmas Kuraitaji juga ada Pelayanan Obstetri Neonatus Essensial Dasar (Poned) persalinan serta Layanan Komprehensif Berkesinambungan HIV," jelasnya. 

Dikatakan Ramadhani, Puskesmas Kuraitaji ini memiliki tiga dokter umum, satu dokter gigi dan satu apoteker, serta puluhan ASN dan tenaga honorer. 

"Puskesmas Kuraitaji juga buka 24 jam untuk persalinan dan Instalasi Gawat Darurat," ujarnya. 

Ramadhani mengatakan, dari apa yang dimiliki Puskesmas Kuraitaji, sehingga membuatnya menjadikan salah satu puskesmas terbaik di Sumbar. 

Itu terbukti dengan diraihnya penghargaan Akreditasi utama dari Kementerian Kesehatan pada 2017 yang lalu, dan banyak lagi penghargaan yang didapat oleh puskesmas tersebut. 

"Kedepan kami berharap agar Puskesmas Kuraitaji, dapat menjadi role model puskesmas lainya yang ada di Kota Pariaman," ucapnya.

Sementara itu, Walikota Pariaman, Genius Umar mengapresiasi atas prestasi yang telah diraih oleh Puskesmas Kuraitaji selama ini, dan kesiapan mereka dalam membantu masyarakat di wilayah kuraitaji dan sekitarnya.

Namun dimasa pandemi Covid-19 saat ini, pihaknya ingin agar puskesmas tersebut tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Kemudian selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat, apalagi para tenaga kesehatan yang berada di Puskesmas merupakan garda terdepan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Dengan selalu mengikuti protocol kesehatan dengan baik, semoga penyebaran virus corona di Kota Pariaman, dapat terus ditekan," katanya. 

(pri)

Berita Terkait

Baca Juga