Satu Individu Raflesia Mekar di Sitingkai Agam

Satu Individu Raflesia Mekar di Sitingkai Agam Rafflesia Arnoldii kembali terpantau mekar di Jorong Sitingkai, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam (Foto: Covesia/ Istimewa)

Covesia.com - Satu individu Bunga dilindungi jenis Rafflesia Arnoldii kembali terpantau mekar di Jorong Sitingkai, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar).

Pemerhati Bunga Langka di Kecamatan Palupuh,  Heru Nofriandi mengatakan, Rafflesia Arnoldii ini terpantau mekar sejak Jumat (5/2/2021) kemarin.

"Sebenarnya bunga ini sudah di temukan 2 minggu yang lalu namun masih dalam bentuk bongkolan, dan prediksi kita tepat saat dikunjungi sudah mekar sempurna," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Minggu (7/2/2021).

Sementara itu Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Bukittinggi, Vera Ciko mengatakan, dari hasil pemantauan petugas di lapangan kemarin, bunga tersebut mekar dengan diameter 92 Cm dan saat ini sedang mekar pada hari keempat.

Dikatakan Vera Ciko, tumbuhan jenis ini sering ditemukan di nagari Koto Rantang, selain tumbuh kawasan cagar alam di jorong Koto Rantang, bunga tersebut sering ditemukan di luar lokasi dan di Jorong Sitingkai.

Untuk menjaga habitat, pihaknya sudah memasang plang peringatan dan pagar pembatas di sekitar bunga. "Kita mengimbau masyarakat untuk tidak merusak habitat raflesia dan melihat dari jarak dekat," tutupnya.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga