Dukung Vaksinasi Covid-19, BPJS Kesehatan Siapkan P-Care Vaksinasi

Dukung Vaksinasi Covid19 BPJS Kesehatan Siapkan PCare Vaksinasi Foto Pelaksanaan vaksinasi Sinovac Covid-19 di Pasaman (dok Covesia)

Covesia.com -Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Yessy Rahimi menyatakan dukungan terhadap pencanangan vaksinasi di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Jumat (5/2/2021).

Dimana,dalam program vaksinasi nasional, BPJS Kesehatan telah mendukung layanan vaksinasi Covid-19 dengan menyiapkan aplikasi Primary Care Vaksinasi (P-Care Vaksinasi).

“Aplikasi ini merupakan bagian terintegrasi dari sistem satu data vaksinasi Covid-19. Aplikasi ini akan mendukung proses pencatatan dan pelaporan pelayanan vaksinasi di fasilitas kesehatan. Kami juga telah melakukan sosialisasi kepada Dinas Kesehatan serta fasilitas kesehatan agar saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berjalan dengan lancar,” kata Yessy Rahimi.

Lebih lanjut Yessy menjelaskan, data hasil input P-Care Vaksinasi akan terintegrasi pada tabulasi dan dashboard Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

"Kami berharap data hasil layanan vaksinasi tersebut dapat membantu Pemerintah dalam upaya pengendalian Covid-19 dan menyukseskan program vaksinasi Nasional," katanya.

Dengan diberikannya vaksin Covid-19 kepada Bupati Pasaman dan beberapa pejabat Forkopimda Kabupaten Pasaman serta tenaga kesehatan di daerah ini, Yessy meyakini akan turut meningkatkan kepercayaan masyarakat Kabupaten Pasaman sehingga masyarakat percaya akan keamanan vaksin dan ikut serta melaksanakan vaksinasi demi terciptanya imunitas dan kekebalan tubuh terhadap Covid-19.

Sebelumnya, sebagai langkah mendukung Pemerintah dalam proses vaksinasi kepada seluruh masyarakat, BPJS Kesehatan turut mendukung kegiatan pencanangan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman pada Jumat (29/01/2021) lalu di Puskesmas Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman.

Dalam sambutannya, Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengatakan bahwa pelaksanaan gerakan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu upaya untuk mencegah dan memberantas penyakit yang disebabkan oleh Covid-19 sehingga provinsi Sumatera Barat dapat meminimalisir penularan khususnya di wilayah Kabupaten Pasaman.

"Sudah banyak masyarakat yang menjadi korban bahkan menyebabkan kematian akibat Covid-19 ini, untuk itu mari kita sadari bersama bahwa penyakit yang terjadi saat ini sangat luar biasa imbasnya,” terang Bupati Pasaman.

Yusuf Lubis pun mengungkapkan bahwa berbagai upaya untuk mengendalikan dan memutus mata rantai penyakit akibat Covid-19 ini telah dilakukan oleh pihaknya mulai dari sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat sampai dengan melakukan penanganan terhadap korban.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga