Advertorial Sumatera Barat

Pemkab Pasaman Terima Studi Banding Inovasi Perikanan dari Balitbang Madina

Pemkab Pasaman Terima Studi Banding Inovasi Perikanan dari Balitbang Madina Foto: Humas

Covesia.com - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Madina, Sumatera Utara melakukan Studi Banding ke Balai Benih Ikan (BBI) Beringin Rao dan Kelompok Pembudi Daya Ikan di Kabupaten Pasaman, Kamis (4/2/2021) tadi.

Sebelum mengunjungi tempat studi banding tersebut, rombongan Balitbang Kabupaten Madina yang dipimpin yang oleh Mukhtar Afandi disambut oleh Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman,  Choiruddin Batubara dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman,  M. Dwi Richie beserta jajaran tersebut di Aula Bappeda Pasaman.

Dalam pertemuan tersebut, Choiruddin Batubara memaparkan profil Kabupaten Pasaman terutama tentang Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, Inovasi Daerah dan Rencana Strategis untuk tahun 2021.

Chairuddin Batubara mengatakan bahwa, Kabupaten Pasaman telah menetapkan sebanyak 145 inovasi yang berasal dari semua OPD, dan inovasi tersebut telah ditetapkan dengan Keputusan Bupati Pasaman, dimana OPD selaku penanggung jawab untuk berupaya mensukseskan inovasi tersebut.

"Pada tahun 2020 yang lalu, Pemerintah Kabupaten Pasaman mendapatkan Penghargaan Innovation Goverment Award (IGA). Dimana Kabupaten Pasaman dinobatkan sebagai salah satu Kabupaten Sangat Inovatif dari Balitbang Kementerian Dalam Negeri RI," ungkap Chairuddin Batubara.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Pasaman, M. Dwi Richie menyampaikan untuk bidang perikanan darat, Kabupaten Pasaman telah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2015 tentang Kawasan minapolitan, dimana pada Perda tersebut telah ada ditetapkan pengembangan dan budidaya perikanan darat. 

"Untuk rencana kedepanya terkait tata kelola perikanan, Dinas Perikanan telah mengusulkan draf Ranperda tentang tata kelola perikanan. Dimana pada Ranperda tersebut tergambar mutu, hasil, dan pendistribusian ikan," kata Richie.

Ia juga menambahkan bahwa inovasi pada bidang perikanan bahwa akan Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman akan launching gerakan “satu kolam satu rumah’, dan inovasi ‘budidaya ikan dalam ember’, dan inovasi ‘kampung ikan mas terintegrasi’. 

Setelah penyampaian paparan Kepala Bappeda Pasaman, kunjungan rombongan study banding Balitbang Kabupaten Madina meneruskan kunjungan  ke Balai Benih Ikan (BBI) Beringin Kecamatan Rao dan juga akan meninjau kelompok pembudidaya ikan di daerah Rao dan sekitarnya.

(ril/hri)

Berita Terkait

Baca Juga