Pemkot Pariaman Terus Lakukan Pelatihan untuk Tambah Jumlah Perajin Batik

Pemkot Pariaman Terus Lakukan Pelatihan untuk Tambah Jumlah Perajin Batik Kepala Disperindagkop dan UKM) Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit (Foto: Peri)

Covesia.com - Terus melakukan pelatihan cara Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), agar menambah jumlah perajin batik di daerah itu.

"Kemudian untuk membentuk sentra batik di Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman," sebut Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop dan UKM) Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit di Pariaman, pada Selasa (26/1/2021).

Lanjut Gusniyetti, sebab pihaknya menargetkan akan membentuk sentra batik di Kecamatan Pariaman Selatan pada 2023 nanti. 

Dikatakan Gusniyetti, untuk mewujudkan itu, setidaknya saat ini sudah ada 20 perajin batik yang terdiri dari dua kelompok.

Selanjutnya, untuk mencapai target tersebut Pemkot Pariaman telah menjalin kerjasama dengan Balai Diklat Industri (BDI) Padang.

Gusniyetti menyebutkan, saat ini untuk hasil produksi batik kelompok usaha kota tersebut, tidak saja dipasarkan di Sumbar namun juga sudah ke luar provinsi.

"Kami berharap nanti dengan menjadi sentra batik, bisa meningkatkan perekonomi warga Kota Pariaman," jelasnya.

(per)


Berita Terkait

Baca Juga