Permudah dan Ringankan Biaya Produksi, Dua Kelompok Pengrajin Batik di Kota Pariaman Bentuk Koperasi

Permudah dan Ringankan Biaya Produksi Dua Kelompok Pengrajin Batik di Kota Pariaman Bentuk Koperasi Pejabat pemerintah Kota Pariaman memperlihatkan hasil kerjinan batik daerah itu. Peri.

Covesia.com - Untuk mempermudah dan meringankan biaya membeli bahan baku produksi, dua kelompok usaha pengrajin batik di Kota Pariaman, Sumatera barat (Sumbar) membentuk koperasi.

"Ini baru pertama kali dilakukan, yaitu dengan nama koperasinya Pesona Minang," sebut Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop dan UKM) Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit di Pariaman, pada Selasa (26/1/2021).

Lanjut Gusniyetti, dari dua kelompok yang tergabung dalam koperasi Pesona Minang itu, ada 20 perajin batik di sana. 

Gusniyetti menyebutkan, saat ini akta pendirian dari notaris terkait koperasi Pesona Minang tersebut sudah, dan tahun ini sudah keluar badan hukum dari kementerian.

Jadi, dengan adanya koperasi maka tidak saja mempermudah dan meringankan biaya membeli bahan baku, namun juga memiliki usaha lainnya dalam meningkatkan perekonomian mereka.

"Itupun juga mempermudah pemerintah dalam memberikan bantuan," ujarnya.

Gusniyetti mengatakan, sebenarnya koperasi pengrajin sudah lama terbentuk di Kota Pariaman, namun bidang usahanya baru bordir dan sulaman.

"Tapi untuk koperasi batik ini baru pertama kali berdiri di Kota Pariaman, karena selama ini bidang usaha tersebut mati suri, dan baru dimulai pembinaan oleh pemerintah setempat pada 2019 lalu," ungkapnya. 

(per)


Berita Terkait

Baca Juga