KPU Agam Tetapkan Pasangan Andriwarman - Irwan Fikri Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam

KPU Agam Tetapkan Pasangan Andriwarman  Irwan Fikri Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam Rapat Pleno KPU Agam, tetapkan pasangan Andriwarman dan Iwan Fikri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam periode 2021 - 2025, Senin (25/1/2021)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tetapkan pasangan Andriwarman dan Iwan Fikri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam periode 2021 - 2025.

Ketua KPU Agam, Riko Antoni mengatakan, berdasarkan surat KPU RI No 60  dan surat dari panitera MK No. 165 ke KPU Agam menjelaskan bahwa  tidak ada permohonan yang teregistrasi sebagai gugatan tentang hasil pilkada Agam 9 Desember lalu, maka ditetapkan pasangan Andriwarman dan Iwan Fikri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam periode 2021 - 2025.

"Jadi pasangan bupati terpilih sudah bisa kita tetapkan," ujarnya usai rapat pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati Agam di Aula Hotel Sakura Syariah, Senin (25/1/2021).

Dilanjutkan Riko Antoni, secara aturan, baik PKPU No. 5 2020 tentang tahapan program dan jadwal, penetapan pasangan calon terpilih di lakukan dalam kondisi dua hal. Pertama, apabila tidak ada selisih hasil di Makamah Konstitusi (MK), kedua apabila ada selisih hasil.

Penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Agam di batas waktu paling akhir, karena secara regulasi, paling lama lima hari setelah pemberitahuan secara resmi oleh MK. "Terkait ada atau tidaknya permohonan perselisihan hasil sudah bisa dilakukan penetapan," katanya lagi. 

Untuk tahap selanjutnya KPU Kabupaten Agam akan menyurati DPRD untuk pengusulan,  pengesahan dan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih. "Nantinya akan ditindaklanjuti oleh DPRD kepada gubernur untuk pengesahan dan pelantikan. Paling lambat tiga hari setelah surat disampaikan," terangnya.

(jhn) 

Berita Terkait

Baca Juga