Aksi Derap Covid-19, Dinkes Pasaman Bagikan Masker di Pasar

Aksi Derap Covid19 Dinkes Pasaman Bagikan Masker di Pasar Dinas Kesehatan Pasaman bersama Satgas Penanganan Covid-19 bidang perubahan prilaku melaksanakan Aksi Derap Covid-19 dengan Aksi bagikan masker kepada warga di pasar, Senin (25/1/2021)(Ist)

Covesia.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat terus berupaya mengajak warganya di daerah itu untuk tanggap Covid-19 dengan terus disiplin menerapkan protokol kesehatan terutama pada saat beraktifitas di luar rumah atau di tempat kerumunan, Senin (25/1/2021).

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Pasaman bersama Satgas Penanganan Covid-19 bidang perubahan prilaku melaksanakan Aksi Derap Covid-19 dengan Aksi bagikan masker kepada warga di pasar.

"Kita bersama Satgas Penanganan Covid-19 telah melaksanakan Aksi Derap Covid-19 dengan membagikan masker kepada warga di Pasar Lama Lubuk Sikaping. Aksi ini kita lakukan karena, saat ini penyebaran kasus covid-19 di Provinsi Sumbar dan Pasaman semakin tinggi," ujar Plt Dinas Kesehatan dr. Rahardian Suryanta Lubis kepada Covesia.com.

Menurutnya, dengan semakin tingginya penyebaran kasus covid-19 di daerah ini tentu perlu kita sikapi dengan percepatan peningkatan pengetahuan masyarakat. Sehingga masyarakat mampu mengambil langkah tepat dan cepat untuk melindungi diri dari covid-19.

"Kita mendorong semua orang untuk menjadi motivator bagi sesama dalam penerapan protokol kesehatan. Ini demi keselamatan bersama dari ancaman Covid-19," tambah dr.  Rahardian Suryanta. 

Katanya, untuk memperkuat masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan perlu dilakukan Aksi Derap Covid-19 oleh seluruh pihak terkait. Seperti mangajak masyarakat menerapkan 3M (mengajak masyarakat memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak). 

Derap Covid ini, kata Rahardian bertujuan untuk meningkatkan perubahan perilaku masyarakat melalui edukasi sehat bersama pelaksana pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan covid-19 untuk selaku mematuhi protokol kesehatan sehingga kedepannya dapat memutus mata rantai penularan covid-19 di Kabupaten Pasaman.

"Derap artinya kita semua diharapkan selalu menyuarakan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak) kapanpun dan dimanapun. Sebab semua orang mempunyai tanggung jawab dalam menerapkan protokol kesehatan sehari-hari di tengah pandemi ini," katanya.

Aksi Derap covid-19 dengan bagi bagi masker itu juga dihadiri oleh,  Koordinator bidang perubahan perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasaman, Ir. Yuspi beserta anggota, Bidang Kesehatan masyarakat, puskesmas Lubuk Sikaping, Bidan Desa, serta kader kesehatan Durian Tinggi.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga