Bertekad Raih Peringkat Nindya KLA, Pariaman Lakukan Hal Ini

Bertekad Raih Peringkat Nindya KLA Pariaman Lakukan Hal Ini Kepala DP3AKB Kota Pariaman, Nazifah rapat evaluasi Kota Layak Anak 2021 dengan unsur terkait. (Foto: Peri Musliadi)

Covesia.com - Sudah lima kali berturut-turut menjadi peringkat madya sebagai Kota Layak Anak (KLA), tahun ini Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), ingin menaikkan kelasnya menjadi peringkat nindya.

"Untuk mendapatkan peringkat nindya tersebut, tentu saja kita harus lakukan pengembangan terhadap KLA," sebut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman, Nazifah pada Kamis (21/1/2021).

Lanjut Nazifah, pengembangan terhadap KLA tersebut yaitu, dengan cara melakukan komitmen, membentuk gugus tugas, mengumpulkan data basis, menyusun rencana aksi daerah, mengadakan pemantauan dan evaluasi, serta melakukan pelaporan.

"Selain itu, juga harus menerapkan sistem pembangunan berbasis hak anak dengan capai 24 indikator yang telah ditetapkan," jelasnya. 

Jika capai 24 indikator ini sudah didapatkan kata Nazifah, maka peringkat madya akan naik kelas menjadi peringkat utama atau nindya.

Untuk itu, Nazifah berharap motivasi, dorongan, dan bantuan, dari segenap unsur pemerintahan dan juga masyarakat, untuk bisa membantu serta saling bekerjasama agar tercipta pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

"Kemudian juga melibatkan anak dalam pembangunan, serta menjadikannya sebagai subyek dan bukan objek," ucapnya. 

(pri)

Berita Terkait

Baca Juga