Bukittinggi Kekurangan Lokasi Tempat Pembuangan Sampah

Bukittinggi Kekurangan Lokasi Tempat Pembuangan Sampah Kepala Dinas Lingkungan Hidup saat melakukan razia warga luar kota membuang sampah ke dalam kota Bukittinggi, Rabu (20/1/2021)(Foto: Debi)

Covesia.com - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumbar melalui dinas lingkungan hidup setempat mengungkapkan bahwa saat ini Bukittinggi kekurangan lokasi tempat pembuangan sampah (TPS).

Kepala dinas lingkungan hidup (DLH) kota Bukittinggi, Syafnir menuturkan untuk kota Bukittinggi dengan luas 25km² masih banyak kelurahan yang ada kekurangan lokasi tempat pembuangan sampah.

"Yang ada saat ini malah banyak warga yang meminta untuk membongkar lokasi tempat pembuangan sampah karena akan membangun," katanya, Rabu (20/1/2021).

Syafnir mengakui Bukittinggi memang belum memiliki lokasi tempat pembuangan sampah yang refresentatif karena yang ada sekarang hanya lokasi kosong yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan TPS.

Meski demikian pihaknya akan berupaya dengan melakukan sistem jemput sampah ke gang rumah. Dimana warga bisa menggantungkan sampahnya di lokasi yang telah disediakan gantungan untuk diambil petugas kebersihan.

"Dengan cara itu kita bisa memaksimalkan tempat pembuangan sampah dikarenakan minimnya TPS," ujarnya.

Ia menambahkan di tahun 2020 saja volume sampah di Bukittinggi mencapai 40.424 ton, yang mengalami peningkatan volume sampah setiap tahunnya dikarenakan masih banyak warga luar Bukittinggi yang membuang sampah ke Bukittinggi.

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga