Belasan Siswa Kurang Mampu SMKN 1 Lubuk Sikaping Terima Beasiswa dari Baznas

Belasan Siswa Kurang Mampu SMKN 1 Lubuk Sikaping Terima Beasiswa dari Baznas Kepala SMKN 1 Lubuk Sikaping, Muslim saat menyerahkan bantuan beasiswa Pendidikan dari Baznas Sumbar dan hibah PT. Rajawali kepada sejumlah siswa kurang mampu setempat, Senin (18/1/2021).

Covesia.com - Belasan Siswa kurang mampu di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman menerima Beasiswa pendidikan dari Baznas Provinsi Sumatera Barat dan hibah PT. Rajawali, Senin (18/1/2021).

Kepala SMKN 1 Lubuk Sikaping, Muslim mengatakan bahwa BAZNAS Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu badan yang mengelola zakat di lingkungan Sumatera Barat. 

"Salah satu programnya bergerak di bidang Program Pendidikan untuk siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Hal ini terbukti melalui  surat dari Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sumatera Barat Nomor 222/BAZNAS/SB/XI/2020 tanggal 09 November 2020 tentang pendistribusian Dana Zakat tahap II Program Pendidikan untuk siswa kurang mampu," kata Muslim disela-sela pendistribusian beasiswa itu di SMKN 1 Lubuk Sikaping.

Muslim mengatakan untuk bantuan pendidikan untuk siswa keluarga kurang mampu diberikan kepada SMAN/SMKN/SLBN yang sudah menyetorkan dana zakat ASN-nya ke BAZNAS Provinsi Sumatera Barat sampai bulan Oktober 2020. 

"Kuota Siswa yang mendapatkan bantuan pada masing-masing SMAN/SMKN/SLBN ditetapkan oleh BAZNAS secara proporsional berdasarkan setoran zakat yang diterima dan azaz subsidi/pemerataan," katanya.

Baznas kata dia menyalurkan beasiswa pendidikan kepada sejumlah siswa kurang mampu yang tersebar di 388 SMAN/SMKN/SLBN di Sumatera Barat.

"SMKN 1 Lubuk Sikaping adalah salah satu sekolah yang mendapatkan dana bantuan dari 388 sekolah lainnya, dengan jumlah penerima sebanyak 11 orang siswa yang masing-masing menerima dana sebesar Rp. 1.000.000/siswa. Sehingga total beasiswa yang diterima oleh Siswa  SMKN 1 Lubuk Sikaping sebanyak Rp11 Juta," katanya.

Selain dana bantuan pendidikan dari BAZNAS, kata dia berdasarkan Keputusan Gubernur Sumatera Barat No. 420.680-2020 tanggal 17 Desember 2020 tentang penerima beasiswa besaran nominal bagi penerima beasiswa dari hibah PT. RAJAWALI tahun 2020.

"SMKN 1 Lubuk Sikaping juga mendapat bantuan pendidikan sebesar Rp.1.850.000/siswa untuk 3 orang siswanya dari 148 sekolah SMK Negeri di Sumatera Barat yang mendapatkan dana bantuan tersebut," katanya.

Pelaksanaan acara penyerahan dana bantuan pendidikan/beasiswa secara langsung kepada Siswa-siswi penerima yang di damping orangtua masing-masing disekolah tersebut. 

"Bantuan pendidikan BAZNAS berasal dari zakat gaji dari guru PNS yang berada di SMKN 1 Lubuk Sikaping yang disetorkan kepada BAZNAS Sumbar. Kemudian disalurkan kepada siswa-siswi yang kurang mampu untuk membantu biaya pendidikan, dalam hal ini sekolah menerima dana untuk 11 orang siswa. Siswa–siswi juga ada memperoleh bantuan pendidikan dari PT.Rajawali sebanyak 3 orang. Dalam hal penggunaan dana bantuan hendaknya siswa dan orangtua jangan menyalahgunakan bantuan tersebut untuk hal-hal lain, selain digunakan untuk membantu biaya pendidikan, (Biaya sekolah, biaya PKL, beli tas, buku, sepatu dan lainnya)," katanya.

Bagi siswa penerima beasiswa ini kata dia hendaknya selalu bersyukur karena sudah mendapatkan bantuan ini, jadi hendaknya bisa menjadi pemicu semangat dalam belajar.

(hri)


Berita Terkait

Baca Juga