Kebakaran Hebat Hanguskan Asrama Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh

Kebakaran Hebat Hanguskan Asrama Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Kebakaran Hebat Hanguskan Asrama Pesantren Cahaya Islam di Payakumbuh, Sabtu (16/1/2021)(Foto: Istimewa?

Covesia.com - Gedung Asrama Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh di Jalan Puti Elok, Padang Kaduduak, Payakumbuh Utara terbakar, Sabtu (16/1/2021) dini hari sekitar pukul 01.15 WIB. Dalam peristiwa ini, beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka.

Informasi yang dihimpun Covesia.com, kebakaran ini diduga karena hubungan arus pendek dan api cepat menyebar ke seluruh sisi gedung. Untuk menjinakkannya, petugas pemadam kebakaran harus mengerahkan 8 unit mobil pemadam. Sedangkan 124 santri dan 20 pengasuh harus diungsikan sementara waktu.

Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni mengatakan saat kejadian sebanyak 144 orang penghuni asrama dievakuasi ke Gedung Kantor Dinas Sosial Payakumbuh yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari Asrama Pesantren yang terbakar. Setelah itu, mereka dibawa dengan kendaraan Satpol PP ke Gedung Belajar Pesantren Cahaya Islam di Jalan Hamka, Tarok, Payakumbuh.

"Sementara mereka dipulangkan ke orang tua masing-masing. Sudah banyak orang tua yang menjemput langsung anak-anak mereka. Tentu mereka perlu ditenangkan kondisinya. Mungkin ada juga yang trauma, karena kebakaran terjadi saat mereka tidur lelap," kata Desfita Warni ketika dikonfirmasi. 

Diperkirakan akibat peristiwa terbakarnya gedung utama asrama Pesantren Cahaya Islam itu pihak pendidikan mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Adapun sumber api penyebab kebakaran, sampai berita ini diturunkan belum diketahui secara pasti. Namun demikian, informasi yang dihimpun di lapangan, diduga api berasal dari arus pendek korsleting listrik.

Penuturan warga sekitar, awalnya terlihat kepulan asap yang membumbung dari arah gedung. Tak lama berselang dengan cepat api membakar dan menjalar ke setiap ruangan. Api makin membesar.

Beberapa warga yang mengetahui ada kebakaran dengan cepat berhamburan ke lokasi dan berusaha melakukan upaya pemadaman dengan peralatan seadanya. Berikutnya Armada Damkar Kota Payakumbuh datang ke lokasi berjibaku memadamkan api. 5 unit damkar dari Kota Payakumbuh dan 3 unit dari Kabupaten Limapuluh Kota.

(agg)

Berita Terkait

Baca Juga